Apa yang Dimaksud dengan Spare Part OEM dan Original?

Apa yang Dimaksud dengan Spare Part OEM dan Original?

Perbandingan Magsafe 2 (MacBook charger) antara yang original dan tidak original.

Jika Anda pernah pergi ke toko elektronik atau komputer/gadget untuk mencari sparepart atau suku cadang, teknisi atau pelayan disana mungkin akan menanyakan apakah Anda menginginkan sparepart OEM atau yang original atau asli. Meskipun perbedaannya sering kali tidak kentara, mungkin ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat kualitas masing-masing sparepart. Pada artikel ini, Zapplerepair akan menjelaskan perbedaan antara masing-masing kualitas sparepart dan Anda akan dapat mempertimbangkan sparepart mana yang terbaik untuk perangkat elektronik Anda.

Sparepart Original (Asli)

Pertama, sparepart original atau asli. Sparepart atau suku cadang original adalah komponen elektronik atau komputer yang dipasang di perangkat Anda saat perangkat tersebut pertama kali diproduksi. Sparepart original harganya relatif lebih mahal daripada jenis sparepart perangkat elektronik lainnya karena memiliki logo atau identitas perusahaan produsen perangkat elektronik tersebut. Namun perlu diingat, bahwa sparepart original atau asli belum tentu lebih baik daripada sparepart OEM. Kami menyarankan Anda untuk membeli suku cadang berdasarkan kualitas dan kinerja masing-masing dan bukan berdasarkan siapa yang membuatnya atau apa merknya.

Sparepart OEM

Yang berikutnya adalah OEM. OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer. OEM merupakan sparepart yang dibuat oleh perusahaan yang awalnya membuat sparepart untuk produsen elektronik atau komputer. Berdasarkan deskripsi singkat pada namanya, sudah jelas bahwa suku cadang OEM adalah termasuk produk yang original atau asli. Namun perbedaanya, OEM adalah suku cadang yang diproduksi bukan oleh produsen elektronik atau komputer tersebut, tetapi oleh perusahaan lain yang telah memperoleh izin untuk memproduksi suatu sparepart tertentu. Kemudian produk yang dihasilkan dijual dengan nama salah satu merek.

Sparepart OEM adalah partisi yang diproduksi langsung oleh produsen perangkat elektronik atau komputer dengan merek yang sama, bukan pihak ketiga atau vendor. Singkatnya, OEM adalah perusahaan yang memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan atau pengecer lain dengan menggunakan merek dagang dari perusahaan pembeli.

 

Itulah penjelasan mengenai Apa yang Dimaksud dengan Spare Part OEM dan Original. Semoga artikel ini dapat membantu!

Jika Anda memiliki kendala atau masalah pada perangkat Apple atau Surface Anda, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple, Surface, dll milik Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!