5 Masalah yang Paling Sering Dialami Pengguna iPhone dan Cara Mengatasinya

5 Masalah yang Paling Sering Dialami Pengguna iPhone dan Cara Mengatasinya

Beberapa unit iPhone.

Umumnya, semakin tinggi harga dari sebuah gadget atau smartphone, maka akan semakin baik dan memuaskan pula tingkat kualitas dan performa yang bisa dirasakan. Namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku pada perangkat iPhone. Pasalnya, meski dipatok dengan harga selangit, pasti akan ada saja masalah yang sering dialami oleh pengguna perangkat iPhone secara tiba-tiba ataupun berkala. Meskipun begitu, jangan khawatir! karena masalah-masalah atau kerusakan umum ini masing-masing memiliki cara mengatasi sehingga pengguna tidak perlu khawatir karena bisa ditangani dan diperbaiki secara mudah dan cepat.

Lalu apa sajakah 5 masalah yang sering dialami pengguna iPhone dan bagaimanakah cara mengatasinya? Kali ini Zapplerepair akan menjelaskan secara lengkap untuk Anda. Simak uraian dalam artikel berikut ini!

 

1. iPhone menjadi Panas dan Mendadak Mati

Masalah yang pertama merupakan salah satu dari banyaknya masalah yang sering terjadi pada iPhone terutama iPhone 6 , iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, yakni perangkat menjadi panas dan mati secara mendadak. Hal ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas para pengguna iPhone terlebih mereka yang menggunakan perangkatnya untuk bekerja.

Penyebab iPhone menjadi panas dan tiba-tiba mati

Masalah yang satu ini memang kerap terjadi pada perangkat iPhone. Lalu faktor apa saja, sih, yang menyebabkan iPhone tiba-tiba menjadi panas dan mati secara mendadak? Zapplerepair telah merangkumkan beberapa penyebab yang menyebabkan masalah ini menghampiri perangkat iPhone Anda:

  • Gagal atau error saat upgrade iOS. Hal ini dapat terjadi ketika koneksi internet tidak stabil atau proses pembaruan iOS terhenti karena suatu kesalahan yang terjadi pada perangkat.
  • iPhone terjatuh atau mengalami benturan atau tekanan dengan keras.
  • iPhone tidak bisa di-charge karena tidak menggunakan aksesoris original. Menggunakan aksesoris yang palsu atau tidak original Apple termasuk pada penggunaan aksesori charger dapat menjadi penyebab terjadinya kerusakan komponen perangkat iPhone.
  • Perangkat iPhone sudah pernah ter-jailbreak. Jailbreaking adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh Apple pada gadget dengan sistem operasi iOS, yakni iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV mulai dari generasi ke-2. Jailbreaking akan membuat Pengguna perangkat bisa mendapatkan akses penuh (atau dapat disebut dengan root access) terhadap sistem operasi iOS di dalam perangkatnya, yang menyebabkan pengguna iOS tersebut dapat mengunduh berbagai macam software atau aplikasi, baik yang bajakan ataupun yang orisinal yang keberadaanya tidak tersedia secara resmi di Apple App Store.

Dan tentunya masih banyak lagi hal yang bisa menjadi penyebab mengapa iPhone bisa menjadi panas dan mendadak mati.

Namun ketika hal itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir atau panik. Untuk mengatasinya, ada solusi mengatasi masalah diatas. Apa saja itu? Mari kita simak penjelasan berikut!

Solusi mengatasi iPhone menjadi panas dan tiba-tiba mati

1. Diamkan selama beberapa menit agar suhunya turun lalu restart atau tekan tombol Power

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan jika iPhone mendadak mati karena suhu yang tiba-tiba naik adalah, cukup diamkan perangkat selama beberapa menit sampai suhunya turun dan tidak terlalu panas, kemudian tekan dan tahan tombol Power yang berada di pojok kanan atas pada tepi ponsel selama kurang lebih 10 detik.

Jika iPhone masih belum dapat menyala, coba ulangi langkah-langkah diatas sekali lagi. Setelah berhasil, maka layar iPhone akan berkedip dan tidak lama kemudian akan muncul tampilan logo Apple.

Jika iPhone sudah dapat hidup dan kembali beroperasi secara normal, kami rekomendasikan untuk melakukan restart iPhone agar fitur yang ada dapat bekerja dengan normal.

2. Tekan tombol Power dan tombol Home

Jika iPhone masih tidak dapat di-restart, coba dengan cara berikut ini sebagai alternatif. Tekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan dan tahan kurang lebih selama 10 detik. Jika memungkinkan, Anda bisa tetap menekannya selama 20 hingga 30 detik.

Dalam banyak kasus, cara ini sudah terbukti dapat menghidupkan kembali iPhone yang mati mendadak dan sulit dihidupkan.

3. Charge iPhone Anda

Ada sejumlah kasus dengan gejala iPhone yang mati mendadak dan tidak bisa dihidupkan kembali karena daya baterai sudah sangat rendah. Hal itu karena iPhone memanfaatkan daya baterai yang tersisa untuk mengamankan data dan pengaturan.

Untuk itu isi daya baterai iPhone melalui charger adapter atau tancapkan ke port USB komputer. Pastikan untuk menggunakan charger dengan kondisi yang optimal dan original dari Apple untuk menghindari kerusakan komponen lebih lanjut. Menggunakan aksesoris yang palsu atau tidak original Apple termasuk pada penggunaan aksesori charger dapat menjadi penyebab terjadinya kerusakan komponen perangkat iPhone.

Namun bila baterai iPhone benar-benar kosong, disarankan untuk men-charge melalui charger adapter.

4. Restore iPhone

Jika cara diatas dirasa belum maksimal dan masalah masih terus terjadi, terkadang solusi terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik atau yang biasa dikenal dengan istilah factory reset.

Namun perlu kami ingatkan, hal ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada iPhone. Maka dari itu, Anda perlu melakukan backup data perangkat sebelum melakukan factory reset untuk menghindari kehilangan data penting yang sudah Anda simpan sebelumnya.

Langkah ini sudah terjamin dapat memecahkan berbagai masalah di iPhone. Anda hanya cukup mensinkronisasikan iPhone Anda, kemudian klik tombol Restore via iTunes.

Namun jika iPhone Anda tetap saja tidak mau menyala, maka Anda dapat melakukan teknik alternatif lainnya seperti di bawah ini:

  • Pasang kabel USB iPhone ke konektor dock. Jangan ke komputer. Pastikan untuk menggunakan kabel yang kondisinya optimal atau original Apple.
  • Tahan tombol Home selama beberapa detik.
  • Setelah itu colok kabel USB ke komputer.

Langkah ini akan membuka iTunes, memposisikan iPhone ke Recovery Mode, dan memungkinkan Anda melakukan factory reset atau mengembalikan pengaturan iPhone Anda ke pengaturan pabrik.

5. Konsultasikan dengan tempat service iPhone terpercaya

Setelah melakukan cara maupun tips di atas, namun tetap saja tidak ada hasil, maka kami hanya sarankan untuk membawa iPhone Anda ke tempat service terpercaya.

Zapplerepair melayani perbaikan segala jenis unit Apple dengan layanan yang memuaskan. Untuk konsultasi lebih lanjut hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.

 

2. Data Seluler iPhone tidak Berfungsi

Saat data seluler tidak berfungsi di iPhone, terutama iPhone 12 sebagai salah satu smartphone Apple yang sering menemui masalah ini, Anda akan melihat tulisan "Tidak ada layanan" di notification bar. Anda tidak akan dapat melakukan panggilan, mengirim pesan, atau menggunakan paket data seluler Anda. Mengapa bisa begitu, ya?

Lalu apa saja sih, solusi dari penyebab permasalahan data seluler tidak berfungsi pada iPhone 12? Mari kita simak penjelasan dibawah ini dengan seksama!

Penyebab data seluler tidak terdeteksi pada iPhone 12

Jika Anda melihat pesan "Tidak ada layanan" di layar notification bar iPhone 12 Anda, salah satu alasannya mungkin karena buruknya kualitas sinyal di wilayah atau tempat Anda berada. Jika itu masalahnya, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mencari atau pergi ke tempat lain yang kualitas sinyalnya baik dan tunggulah sampai masalah teratasi. Namun jika tidak ada masalah apapun dengan kekuatan sinyal di tempat Anda sekarang, coba langkah-langkah berikut ini:

1. Mulai ulang atau restart ponsel Anda

Tahan salah satu tombol volume pada ponsel dan tombol samping hingga penggeser muncul di layar. Selanjutnya, Anda perlu menyeret penggeser untuk mematikan telepon. Untuk menyalakannya, tekan dan tahan tombol Samping.

2. Buka Pengaturan lalu aktifkan mode Pesawat

Biarkan selama beberapa detik, lalu nonaktifkan kembali mode pesawatnya.

3. Nonaktifkan data Seluler, lalu aktifkan kembali

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Seluler > Data seluler, dan nonaktifkan. Tunggu sebentar dan nyalakan kembali.

4. Pastikan tanggal dan waktu diatur dengan benar

Pilihan terbaik agar setelan waktu Anda disetel secara otomatis adalah pilih opsi "Setel secara otomatis". Sambungkan ke Wi-Fi, buka Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu , ketuk Atur Secara Otomatis.

5. Periksa pembaruan pengaturan operator

Buka Pengaturan > Umum > Tentang. Jika ada pembaruan, perangkat Anda akan menampilkan notifikasi.

6. Lepas dan masukkan kembali kartu SIM

Lepaskan kartu SIM lalu diamkan beberapa menit sebelum memasukkannya kembali dengan perlahan dan hati-hati.

7. Perbarui perangkat lunak atau sistem operasi iOS

Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Ketuk Unduh dan instal.

8. Setel ulang pengaturan jaringan

Buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

 

3. Tidak dapat Terhubung ke WiFi

Tak jarang, pengguna iPhone XR menemui masalah pada device mereka terutama permasalahan terhubung ke WiFi. Masalah atau kerusakan ini sering dilaporkan dialami beberapa pengguna iPhone 11. Tentu saja masalah ini akan sangat mengganggu bagi sebagian besar pengguna.

Lalu apa saja sih, penyebab permasalahan iPhone XR tidak bisa terhubung ke WiFi dan tentu saja akan kita bahas solusinya. Mari kita simak artikel dibawah ini dengan seksama! 

Penyebab permasalahan iPhone XR tidak bisa terhubung ke WiFi

Penyebab utama masalah iPhone XR tidak bisa terhubung ke WiFi ada dua, yaitu terjadinya error atau kesalahan pada sistem operasi atau iOS dan adanya masalah yang terjadi pada hardware device iPhone XR.

Nah kalau sudah seperti itu, bagaimana ya, solusinya?

Solusi mengatasi penyebab permasalahan iPhone XR tidak bisa terhubung ke WiFi

Ada tiga solusi alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan diatas, diantaranya :

1. Periksalah versi iOS dan router device iPhone XR Anda

Menjalankan versi terbaru iOS 12 diperlukan dan jika gagal untuk memperbaiki masalah, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi untuk melihat apakah hal itu bisa menyelesaikan masalah.

Jika langkah di atas tidak membuat masalah Anda teratasi, Anda harus memeriksa router ISP atau Penyedia Layanan Internet untuk melakukan putus koneksi internet sementara. Memeriksa putus koneksi internet sementara melalui customer service support atau mungkin halaman media sosial ISP dapat membantu Anda mendeteksi masalah yang terjadi pada koneksi WiFI Anda. Setelah Anda mengkonfirmasi bahwa tidak ada masalah pemadaman listrik di wilayah Anda, Anda dapat mencoba mencabut router selama satu menit.

2. "Lupakan" jaringan WiFi Anda dan sambungkan ulang

Jika koneksi Wi-Fi tidak berfungsi normal bahkan setelah memeriksa router dan versi sistem operasi, Anda dapat mengatur iPhone XR Anda untuk melupakan jaringan dan menghubungkannya kembali. Berikut adalah cara melakukannya:

a. Buka Pengaturan

b. Ketuk koneksi Wi-Fi

c. Pilih koneksi Anda dengan mengetuk "i" di lingkaran

d. Terakhir, ketuk "Lupakan jaringan ini" yang terletak di bagian atas layar.

e. Sambungkan ulang dengan memasukkan kata sandi milik jaringan WiFI Anda.

3. Atur ulang pengaturan jaringan

Anda dapat memilih untuk mengatur ulang pengaturan jaringan perangkat saat Anda mengalami lambat atau lemot pada koneksi Wi-Fi. Berikut adalah cara melakukannya:

a. Buka Pengaturan

b. Ketuk General/Pengaturan umum lalu pilih Atur Ulang

c. Ketuk "Atur Ulang Pengaturan Jaringan"

d. Anda juga dapat mencoba mengatur ulang pengaturan perangkat ke default pabrik dengan memilih opsi "Atur Ulang Semua Pengaturan", tetapi jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar berkas-berkas penting Anda tidak hilang.

 

4. Layar sering Freeze Mendadak

iPhone X adalah salah satu dari sekian banyaknya seri iPhone yang diluncurkan oleh Apple. iPhone X tentunya tidak terlepas dari masalah, salah satunya adalah layarnya yang terkadang nge-freeze sehingga mengganggu aktivitas Anda dalam menggunakan ponsel. Dalam suatu kasus, saat iPhone X sedang mengalami freeze pada layarnya, seseorang tidak akan dapat menjawab panggilan WhatsApp atau panggilan lainnya. Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi bug tersebut?

Solusi mengatasi penyebab permasalahan iPhone sering Freeze mendadak

1. Force restart iPhone Anda (hal ini juga dapat dilakukan di iPhone 8, X, XR, XS, SE Gen 2, 11, atau 12)

Anda dapat melakukan restart dengan 3 tombol :

  • Tekan dan lepaskan tombol volume up 
  • Tekan dan lepaskan tombol volume down
  • Tekan dan tahan tombol samping (side) sampai layar mati, tunggu hingga layar nyala kembali. Anda bisa melepas tombol samping yang sudah ditahan tadi ketika logo Apple muncul pada layar iPhone Anda.

2. Install ulang iOS

Apabila iPhone Anda tetap tidak mau menyala, kemungkinan Anda harus menginstall ulang sistem operasinya. Untuk melakukannya, lakukan langkah-langkah berikut :

a. Sambungkan iPhone Anda dengan laptop/komputer Anda, lalu jalankan iTunes.

b. Selanjutnya, lakukan paksa restart iPhone Anda, namun jangan lepaskan tombol yang Anda tekan ketika logo Apple muncul.

c. Tekan tombol sampai Anda melihat layar iPhone menampilkan mode recovery (layar menampilkan gambar logo iTunes dan lightning connector)

d. Ketika Anda melihat layar iPhone dalam mode recovery, Anda akan melihat sebuah jendela di iTunes komputer/laptop Anda yang berisi Restore atau Update iPhone. Klik Update dan iTunes akan melakukan install ulang iOS. (hal ini tidak akan menghapus pengaturan, aplikasi, dan data pada iPhone)

e. Jika Update tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, maka Anda perlu klik Restore. Hal ini akan menghapus semua data Anda dan meng-install ulang iOS yang akan meminta Anda untuk restore data backup di iTunes atau iCloud. (data harus terlebih dahulu di backup sebelum melakukan proses ini)

 

5. iPhone Stuck di Logo Apple dan Tidak Mendeteksi iTunes

Sering menemui masalah iPhone, iPad, dan iPod Stuck di Logo Apple dan Tidak Mendeteksi iTunes ketika melakukan upgrade atau restore iPhone, iPad atau iPod anda? Jangan panik dulu! Yuk coba ikuti beberapa tips dari Zapplerepair berikut ini :

1. Cobalah ganti kabel data Anda, usahakan untuk menggunakan kabel yang original atau bawaan device )

2. Ganti port USB

3. Cek iTunes apakah sudah update yang terbaru atau belum. Untuk melakukannya, pada taskbar iTunes klik Help > Check For Updates

4.  Lakukan Hard Reset dengan langkah-langkah berikut

  • Pastikan iPhone Anda dalam keadaan mati atau off
  • Hidupkan iPhone dengan menekan tombol Power
  • Tahan tombol Home dan Power untuk sekitar 7 detik, atau sampai layar berubah hitam
  • tunggu iPhone Anda reboot. 

5. Lakukan Forced Restore dengan cara berikut:

  • Matikan iPhone dengan menekan Tombol Power selama sekitar 5 detik atau sampai muncul tombol geser Power muncul.
  • Geser slider Power Off. Jika iPhone tidak responsif, ikuti petunjuk Hard Reset sampai dengan langkah ketiga.
  • Buka iTunes pada komputer Anda (Mac atau PC).
  • Tekan dan tahan Tombol Home sementara Anda menghubungkan iPhone ke komputer
  • iTunes akan mengeluarkan notifikasi iPhone telah terdeteksi di Recovery Mode dan bahwa Anda harus Restore
  • Klik Ok.
  • Klik Konfirmasi Restore bahwa Anda ingin Restore dan Update.
  • Restore telah dimulai. Tinggalkan iPhone terhubung hingga reboot iPhone Anda dan sync dengan iTunes. 

Jika langkah-langkah diatas masih belum dapat mengatasi iPhone, iPad, dan iPod Stuck di Logo Apple dan Tidak Mendeteksi iTunes, ada kemungkinan Anda masalah yang terjadi pada Hardware milik perangkat Anda. Hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda untuk konsultasi lebih lanjut.

 

Demikianlah artikel mengenai 5 Masalah yang Paling Sering Dialami Pengguna iPhone dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu, sampai jumpa di artikel selanjutnya!