Cara Menginstal Aplikasi di macOS Menggunakan HDD atau SSD Eksternal

Cara Menginstal Aplikasi di macOS Menggunakan HDD atau SSD Eksternal

Gambar 1. Buat file Applications di penyimpanan eksternal Anda.

Jika Anda memiliki sebuah perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, Macbook, Macbook Pro, Macbook Air) dengan sistem operasi macOS dan Anda ingin mengupgrade internal storage tetapi budget Anda belum cukup memadai, lalu apakah ada solusi alternatif yang bisa Anda tempuh?

Jawabannya ada! Anda bisa menggunakan penyimpanan HDD atau SSD eksternal untuk membantu Anda menjalankan aplikasi dan program lebih banyak tanpa khawatir internal storage Anda akan habis. Lalu bagaimana Cara Menginstal Aplikasi di macOS Menggunakan HDD atau SSD Eksternal? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah tentu saja perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, Macbook, Macbook Pro, Macbook Air) dengan macOS sebagai sistem operasinya dan sebuah HDD atau SSD Eksternal merk apa saja. Pilihlah penyimpanan eksternal dengan kapasitas ruang yang besar agar bisa menyimpan lebih banyak aplikasi untuk digunakan. Kemudian lanjutkan dengan langkah-langkah berikut.

 

Baca juga:

 


1. Format HDD atau SSD Eksternal Anda menggunakan format AFPS (Apple File System) melalui Disk Utility.
2. Setelah HDD atau SSD Eksternal Anda kosong, buatlah sebuah folder bernama "Applications" di dalamnya.
3. Selanjutnya, Anda dapat mendownload file instalasi aplikasi yang akan Anda install dan menyimpan file unduhannya langsung ke folder Applications yang sudah Anda buat tadi didalam HDD atau SSD Eksternal. Atau Anda dapat memindahkan file unduhan aplikasi tersebut dari perangkat Mac Anda atau perangkat komputer Anda yang lain ke folder Applications di HDD atau SSD Eksternal.
4. Buka file unduhan aplikasi tersebut. Jika aplikasi berjalan dengan normal maka instalasi aplikasi di macOS Menggunakan HDD atau SSD Eksternal Anda sukses.

Perhatikan bahwa Aplikasi yang telah Anda install pada HDD atau SSD Eksternal Anda tidak akan muncul pada daftar aplikasi di perangkat Mac Anda. Maka Anda perlu membuat Shortcut Aplikasi tersebut dengan cara berikut,

1. Buka folder Applications di HDD atau SSD Eksternal Anda.
2. Pilih Aplikasi yang sudah Anda instal sebelumnya di folder tersebut.
3. Klik kanan pada Aplikasi, lalu pilih opsi "Make Alias".
4. Setelah muncul file Alias, pindahkan file tersebut ke folder Applications pada internal storage.
5. Sekarang, aplikasi tersebut sudah dapat diakses dari daftar Aplikasi.

Itulah langkah-langkah Cara Menginstal Aplikasi di macOS Menggunakan HDD atau SSD Eksternal. Semoga artikel ini dapat membantu!
 

Jika Anda memiliki masalah saat melakukan langkah-langkah diatas, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!