Bug iOS 15 : Foto yang Disimpan lewat Messages Terhapus Sendiri

Bug iOS 15 : Foto yang Disimpan lewat Messages Terhapus Sendiri

Gambar 1. Aplikasi Messages dengan iOS 15.

Tak lama setelah iOS 15 rilis, beberapa bug muncul seperti drain battery (baterai iPhone cepat habis), ikon Widget menghilang, penyimpanan hampir penuh, dan foto yang bisa menghilang sendiri meskipun sudah di save (simpan) dari Messages. Kali ini, Zapplerepair akan membahas salah satunya, yaitu :  foto menghilang sendiri meskipun sudah disimpan atau diunduh dari Messages.


Bug ini terjadi ketika Anda menyimpan foto dari percakapan yang ada di Messages, lalu Anda menghapus percakapan tersebut. Setelah iPhone Anda melakukan Backup pada iCloud, foto tersebut akan menghilang. Meskipun Anda sudah menyimpan foto/gambar tersebut di dalam iCloud Photo Library pribadi, gambar tersebut masih ditautkan ke aplikasi Messages di iOS 15 sehingga foto tersebut tetap akan menghilang.


Untuk membuktikan bug ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan :
1) Simpan foto yang berasal dari percakapan Messages ke dalam Camera Roll.
2) Pastikan foto sudah tersimpan.
3) Hapus percakapan dimana foto tersebut berasal. Foto akan tetap ada di dalam iCloud Photo Library saat ini.
4) Lakukan backup iCloud, dan foto yang Anda simpan tadi akan menghilang.

Hal ini menjadi perhatian banyak orang, karena mayoritas pengguna tetap mengaktifkan fitur iCloud Backup dan hal itu merupakan sesuatu yang terjadi secara otomatis. Jika Anda adalah orang yang secara teratur suka membersihkan pesan, lebih baik nonaktifkan iCloud Backup agar foto-foto yang Anda simpan tidak menghilang. 
Dilansir dari MacRumors, mereka mengatakan bahwa "Kami menguji bug ini pada iPhone yang menjalankan iOS 15.1 beta 2 dan foto kami dihapus setelah menghapus percakapan pada Messages dan melakukan iCloud Backup, jadi masalah ini belum diatasi dalam versi beta saat ini." yang berarti bug ini masih akan terus ada sampai di-fix oleh pihak Apple.


Masih mengalami masalah pada produk Apple, Surface, dll? Bawa device Anda ke Zappplerepair aja! Silahkan hubungi nomor CS kami di 087788855868 (WhatsApp) untuk konsultasi. 
Sampai jumpa di artikel lainnya! :)