Cara Melakukan Reset PRAM atau NVRAM pada Perangkat Mac

Cara Melakukan Reset PRAM atau NVRAM pada Perangkat Mac

Gambar 1. Tombol yang harus ditekan ketika melakukan Reset PRAM atau NVRAM perangkat Mac..

Jika perangkat Mac Anda mengalami masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh reinstall macOS, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan reset NVRAM pada perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, Macbook, Macbook Pro, Macbook Air). Beberapa masalah pada perangkat Mac bisa diselesaikan dengan cara reset NVRAM atau reset PRAM jika proses reset macOS gagal.

Lalu bagaimana cara melakukan Reset PRAM atau NVRAM pada Perangkat Mac? Mari kita simak artikel berikut ini!

 

Baca juga :


1. Shut down perangkat Mac Anda. Lalu tunggu selama beberapa saat dan jangan langsung menyalakan perangkat Mac tersebut.
2. Nyalakan perangkat Mac Anda.
3. Sebelum muncul logo Apple, tekan dan tahan tombol Command (⌘), Option, P, dan R (Lihat Gambar 1) ketika Anda mendengar suara booting.
4. Tetap tahan tombol-tombol tersebut sampai Mac melakukan restart. Tunggu Mac untuk restart kedua kalinya maka Anda akan mendengar suara boot yang kedua.
5. Lepaskan tombol-tombol tersebut dan tunggu hingga booting selesai lalu Mac login ke desktop.

Sebagai catatan, beberapa informasi seperti resolusi, jam, volume speaker, dan lain-lain akan berubah. Anda bisa mengubahnya seperti semula setelah proses reset NVRAM ini berhasil.

Itulah langkah-langkah Reset PRAM atau NVRAM pada Perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, Macbook, Macbook Pro, Macbook Air). Semoga artikel ini membantu!

Jika Anda memiliki masalah saat melakukan langkah-langkah diatas, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!