Cara Melakukan Kalibrasi Pada Battery Li-Ion

Cara Melakukan Kalibrasi Pada Battery Li-Ion

Gambar 1. Kalibrasi baterai pada unit iPhone.

Terkadang baterai yang menunjukkan battery health 90% belum tentu battery healthnya benar benar 90%. Pernahkah Anda ketika sedang menggunakan sebuah MacBook dan tiba-tiba mati pada saat presentase baterainya mencapai 16%? Hal itu mungkin terjadi karena informasi yang terdapat pada battery salah. Sehingga perlu dilakukan kalibrasi dengan maksud untuk mengetahui kapasitas sebuah baterai sebenarnya.

Apabila Anda tidak menggunakan Watts, maka ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan kalibrasi pada battery Li-ion.

  1. Isi daya baterai sampai indikasi di layar atau ikon baterai menujukkan "fully charged" atau "terisi penuh".
  2. Biarkan baterai dalam kondisi terisi penuh minimal selama 2 jam. Anda boleh menggunakan MacBook selama baterai masih dalam keadaan mengisi daya.
  3. Lepaskan steker dengan keadaan MacBook masih nyala dan gunakan daya dalam baterai tersebut.
  4. Biarkan/gunakan MacBook dalam keadaan tersebut sampai MacBook sleep karena kehabisan daya baterai. Jangan lupa untuk menyimpan aktivitas yang sedang dikerjakan.
  5. Biarkan unit dan baterai dalam kondisi sleep minimal selama 5 jam.
  6. Isilah daya baterai sampai penuh.

Itulah dia cara melakukan kalibrasi untuk baterai li-ion perangkat iPhone, iPad, iPod, Apple Watch, MacBook, dan AirPods. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangka Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!