Perbedaan SSD pada Produk Surface

Perbedaan SSD pada Produk Surface

Gambar 1. Ilustrasi Form Faktor SSD.

SSD atau Solid State Drive merupakan inti dari kecepatan dan responsivitas sistem Anda. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai perbedaan SSD pada produk Surface dan dampaknya terhadap pengalaman pengguna.

Faktor bentuk terkecil untuk SSD disebut M.2, seukuran permen karet. SSD M.2 seperti Crucial P2 dipasang ke motherboard melalui soket M.2 dan dirancang untuk tablet dan ultrabook dengan ruang terbatas. M.2 biasanya memiliki kecepatan baca dan tulis tertinggi karena antarmukanya.

Tapi, tunggu dulu! Ada lagi jenis SSD M.2 yang harus Anda ketahui: SSD NVMe. SSD M.2 NVMe menggunakan protokol NVMe yang dirancang khusus untuk SSD. Pada dasarnya, SSD jenis ini memungkinkan memori kilat untuk beroperasi sebagai SSD secara langsung melalui soket PCIe. Saat disambungkan dengan bus PCIe, SSD NVMe menawarkan tingkat performa dan kecepatan terbaru yang bisa Anda dapatkan. Perlu diingat bahwa bandwidth PCIe dapat ditingkatkan hingga 16 jalur untuk tiap perangkat (pada PCIe 4.0 x16), sehingga secara teori PCIe mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 32 GB/s! SSD NVMe berkomunikasi secara langsung dengan CPU sistem menggunakan soket PCIe.

Produk Surface yang menggunakan M2 2230 SSD NVMe PCIe PM991 diantaranya adalah Surface Pro 7+, Surface Pro 8, Surface Pro 9, Surface Pro X, Laptop Surface 3, Laptop Surface 4, Surface Laptop 5, Surface Go 3, Surface Laptop Go 1 / 2 / 3. Sedangkan untuk SSD NVME V1 biasanya digunakan pada Surface Pro 1 dan 3, dan SSD NVME V2 digunakan pada Surface book 1/2/3/4/5 dan Surface Pro 4.

Namun, tidak semua produk Surface sama. Ada yang menggunakan SSD Onboard, yang tertanam langsung pada motherboard perangkat Surface. Kelemahan SSD onboard adalah jika rusak maka harus diganti Logicboardnya, sedangkan SSD M.2 NVMe jika terjadi keruskan dapat diganti secara terpisah.

Jadi, apakah Anda tahu SSD mana yang digunakan dalam perangkat Surface Anda? Dengan mengetahui perbedaan ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dalam hal kinerja dan perawatan perangkat Anda. Karena, pada akhirnya, kenyamanan dan produktivitas Anda bergantung pada SSD yang tepat.

#SSD #SolidStateDrive #perbedaanSSD #produkSurface #M.2,NVMe #kecepatanbaca #kecepatantulis #performa #PCIe #antarmuka #SurfacePro #SurfaceLaptop #SurfaceGo #kelebihanSSDNVMe #kekuranganSSDOnboard

Hubungi kami dengan cara klik tombol WhatsApp dibawah ini!



Atau temui kami di outlet terdekat Anda

Kantor Pusat Jakarta
Cabang Jakarta Selatan
Cabang Semarang
Cabang Surabaya