Kapan Anda Dapat Memindahkan Lisensi Windows ke PC Baru?

Kapan Anda Dapat Memindahkan Lisensi Windows ke PC Baru?

Lisensi Windows PC.

Microsoft membuat hal ini membingungkan dengan sengaja. Aktivasi Windows memiliki aturan yang tidak jelas untuk membuat pembajakan lebih sulit, sementara perjanjian lisensi Sistem Builder melarang hal-hal yang dilakukan oleh pengguna nyata setiap hari.

Mengapa Anda Mungkin Ingin Memindahkan Lisensi

Mentransfer lisensi Windows (alias kunci produk) bukanlah sesuatu yang rata-rata pengguna PC perlu lakukan. Kebanyakan orang akan membeli komputer dengan lisensi Windows yang terinstal. Ketika mereka meng-upgrade ke komputer baru, komputer baru dilengkapi dengan lisensi Windows sendiri.

Perhatikan bahwa mentransfer lisensi Windows berbeda dari benar-benar memindahkan seluruh instalasi Windows ke komputer baru. Itu jauh lebih sulit untuk dilakukan, dan biasanya lebih baik hanya melakukan instalasi baru di komputer baru jika itu yang Anda butuhkan.

Berikut beberapa contoh situasi di mana Anda mungkin ingin memindahkan lisensi Anda ke komputer baru:

  • Anda sedang membangun komputer baru dari nol dan ingin menggunakan lisensi Windows yang sudah ada daripada membayar $ 120 untuk yang baru.
  • Motherboard komputer Anda gagal dan Anda perlu menggantinya. Aktivasi Windows mempertimbangkan PC dengan motherboard baru untuk menjadi PC yang sama sekali baru.
  • Komputer Anda mati dan Anda ingin menggunakan lisensinya untuk memutakhirkan komputer lain yang menjalankan versi Windows yang lebih lama.
  • Anda telah menginstal Windows di Boot Camp pada Mac dan Anda ingin memindahkan instalasi Windows Anda ke Mac lain.
  • Anda telah menginstal Windows di mesin virtual dan Anda ingin memindahkannya ke mesin virtual yang berbeda di komputer lain.

Dengan kata lain: jika Anda sudah memiliki lisensi yang sah dan tidak ingin membeli yang baru, Anda harus mentransfernya.

Lisensi Hanya Dapat Diinstal pada Satu PC Setiap Saat

Tidak peduli apa pun jenis lisensi yang Anda miliki, Anda hanya dapat menginstalnya pada satu PC dalam satu waktu. Itu aturan Microsoft. Jadi, sementara Anda mungkin dapat memindahkan lisensi ke PC lain, Anda harus menghapusnya dari PC pertama sebelum Anda melakukannya. Anda dapat melakukannya dengan menghapus hard drive PC atau bahkan mencopot kunci dari sistem Windows Anda.

Organisasi besar dapat memperoleh "lisensi volume" khusus yang memungkinkan mereka mengaktifkan beberapa komputer dengan kunci lisensi yang sama. Namun, itulah satu-satunya pengecualian untuk aturan ini.

Anda dapat meng-upgrade banyak komponen perangkat keras tanpa Windows, termasuk kartu grafis, RAM, dan hard drive. Tetapi Windows biasanya tidak memungkinkan Anda mengganti motherboard komputer Anda. Ketika komputer Anda mendapatkan motherboard baru, Windows menganggap bahwa komputer yang sama sekali baru dan akan menonaktifkan dirinya sendiri.

Meskipun Windows biasanya tidak memungkinkan Anda untuk meng-upgrade motherboard komputer Anda, ada satu pengecualian, sejauh yang kami tahu: Jika motherboard Anda gagal dan perlu diganti, Anda dapat memindahkan instalasi Windows Anda ke "komputer baru" dengan motherboard baru .

Pengecualian ini harus tersedia tidak peduli jenis lisensi apa yang Anda gunakan. Ini memastikan Anda tidak perlu membeli lisensi Windows baru untuk PC jika motherboard rusak. Namun, untuk memanfaatkan pengecualian ini, Anda harus menghubungi Microsoft melalui proses aktivasi telepon. Anda mungkin harus berbicara dengan perwakilan dan menjelaskan apa yang Anda lakukan, atau sistem otomatis mungkin berfungsi.

Ketika Anda mendapatkan komputer yang datang dengan sistem Windows yang diprainstal oleh pabrikan, lisensi Windows akan selalu tetap terikat pada komputer itu.

Tidak ada pengecualian untuk ini, selain dari pengecualian untuk mengganti motherboard komputer jika gagal, seperti yang dibahas di atas

Produsen mendapatkan lisensi yang tidak dapat dipindahtangankan dengan biaya kurang dari yang Anda bayar untuk lisensi yang dapat ditransfer, karena itu adalah pembatasan.

Jika Anda membeli lisensi "versi" "full version" - ini umumnya hanya sesuatu yang Anda lakukan jika Anda membangun PC Anda sendiri, menginstal Windows pada Mac, atau menggunakan mesin virtual - Anda dapat memindahkan selalu memindahkannya ke yang baru PC.

Setelah Anda memindahkan lisensi Anda beberapa kali, Windows mungkin memberi Anda kesalahan aktivasi dan meminta Anda untuk menelepon Microsoft untuk mengaktifkan komputer Anda. Perwakilan Microsoft akan mengizinkannya. Mereka hanya ingin memastikan Anda tidak menginstal lisensi yang sama pada beberapa PC dalam satu waktu. Selama Anda hanya memiliki kunci produk yang diinstal pada satu PC dalam satu waktu, Anda baik.

Jika Anda membangun komputer Anda sendiri dan membeli "pembangun sistem" atau "OEM" lisensi Windows-yang sedikit lebih murah daripada lisensi ritel penuh-bahwa lisensi OEM seharusnya menjadi terikat dengan komputer pertama yang Anda pasang. Secara khusus, lisensi ini menjadi terkait dengan motherboard tertentu.

Menurut perjanjian lisensi, Anda tidak seharusnya menginstal lisensi System Builder pada komputer baru. Tapi itulah yang dikatakan lisensi. Meskipun lisensi System Builder Anda kemungkinan gagal diaktifkan ketika Anda memasukkan kunci produk di komputer kedua, mungkin ada cara untuk mengatasi hal ini.

Setelah kunci produk Anda gagal, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan melalui metode lain dan menggunakan sistem telepon otomatis Microsoft. Kami telah melihat laporan bahwa sistem ini akan sering mengaktifkan penginstalan Windows untuk Anda di mana kunci produk normal gagal. Ini tidak diizinkan secara teknis sesuai dengan perjanjian lisensi, jadi itu tidak dijamin.Jangan mengandalkan ini bekerja! Tetapi kami telah mendengar cukup banyak laporan dunia nyata untuk mengetahui bahwa ini adalah sebuah kemungkinan.

jika Anda telah memanfaatkan tawaran upgrade Windows 10 gratis, Microsoft mendaftarkan perangkat keras PC Anda sebagai memiliki "hak digital". Anda sebenarnya tidak menerima kunci lisensi Windows. Sebaliknya, ketika Anda menginstal ulang Windows 10 pada komputer itu di masa depan, itu akan secara otomatis diaktifkan.

Tidak ada cara untuk memindahkan lisensi "digital entitlement" ini ke komputer baru. Ini terkait dengan perangkat keras tertentu yang Anda tingkatkan ke Windows 10. Ya, meskipun Anda mengupgrade sistem yang menjalankan lisensi Ritel Windows 7 atau 8.1 yang memungkinkan Anda memindahkannya ke PC lain, Anda tidak dapat memindahkan Windows 10 yang dihasilkan. lisensi ke PC baru. Namun, Microsoft harus memungkinkan Anda untuk mengaktifkan kembali Windows 10 pada PC jika Anda harus mengganti motherboard karena rusak. Ini tidak akan aktif secara otomatis - Anda harus menghubungi Microsoft dan menjelaskan bahwa Anda mengganti motherboard karena rusak.

Jika Anda ingin kemampuan untuk memindahkan lisensi Windows antar PC sebanyak yang Anda inginkan - meskipun itu hanya dapat diinstal pada satu PC pada satu waktu-pastikan untuk mendapatkan lisensi "Ritel" atau "Versi Lengkap" daripada yang lebih murah Lisensi Pembuat Sistem. Lisensi System Builder dapat bermigrasi, tetapi tidak ada jaminan, jadi sepadan dengan uang ekstra untuk lisensi yang dirancang untuk dipindahkan.

Tentu saja, Anda tidak benar-benar membutuhkan kunci produk Windows untuk menginstal dan menggunakan Windows 10.

Jika anda memiliki masalah dengan perangkat anda, anda bisa menghubungi kami melalui social media kami di Instagram dan Facebook Zapplerepair atau bisa hubungi kami di  021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp.

Anda juga bisa langsung datang ke kantor kami di :

Kantor Pusat : Jl. Jembatan 3 Raya Ruko 11J, Jakarta Utara.

Jakarta Selatan : Jl. Mampang Prapat Raya No. 24C, Jakarta Selatan

Semarang : Jl. Industri 2 LIK No. 80-81, Genuk, Kota Semarang

Semoga artikel ini membantu :)

Hubungi kami dengan cara klik tombol WhatsApp dibawah ini!



Atau temui kami di outlet terdekat Anda

Kantor Pusat Jakarta
Cabang Jakarta Selatan
Cabang Semarang
Cabang Surabaya