Cara Membongkar Mac Mini untuk Mengganti atau Menambah Harddisk atau SSD

Cara Membongkar Mac Mini untuk Mengganti atau Menambah Harddisk atau SSD

Gambar 1. Komponen bagian dalam Mac Mini..

Mac Mini adalah salah satu perangkat komputer Macintosh yang diproduksi oleh Apple. Mac Mini terkenal dengan ukurannya yang terbilang kecil sehingga memiliki kesan efisien dan praktis. Padahal bagi sebagian orang, menurut mereka Mac Mini tidak berbeda jauh dari Macbook, hanya saja memang tersedia lebih banyak port input output seperti LAN dan USB lalu tentunya performa CPU untuk Mac Mini telah didesain dipercepat karena ketebalan Mac Mini memungkinkan untuk dipasangnya fan yang lebih besar dan kencang.

 

Nah, bagaimana cara membongkar Mac Mini untuk mengganti atau menambah Harddisk atau SSD? Berikut Zapplerepair akan memaparkan caranya :

  1. Buka casing lingkaran dengan memutarnya ke arah kiri kira-kira sejauh 1 cm lalu congkel ke arah atas menggunakan kuku atau alat bantu lain dari arah samping casing lingkaran tersebut.
  2. Lihat Gambar 1. Lepaskan Kipas dulu sebelum membalikkan metal besi mesh, biarkan saja kabel WiFI ikut tergantung lalu lepaskanlah penyangga plastiknya.
  3. Harddisk sudah terlihat, tinggal dilepaskan konektornya secara perlahan dan hati-hati.

Setelah mengganti harddisk atau SSD, perlu diketahui bahwa proses mengganti atau mengembalikannya sedikit lebih sulit. Aada dua bagian yang perlu Anda perhatikan. Bagian pertama adalah posisi harddisk atau SSD baru harus tertata secara pas di lubang atau tempat yang sudah tersedia. Gunakan alat bantu untuk memposisikan harddisk atau SSD Anda dengan benar apabila kesulitan menggunkan tangan kosong.

Selanjutnya simak beberapa tips untuk memasang metal besi case. Tips yang pertama selaraskan dulu casingnya, lalu secara paralel tekan ke dalam sampai ada suara "klik" lalu pasang dua baut di paling kiri dan kanan terlebih dahulu sebelum dua baut dipasang di bagian tengah.

Silahkan baca article bagaimana cara memasang extra harddisk ssd kedua di Mac Mini.

 

Jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!