Layar LCD Menggelap pada MacBook Keluaran 2017-2019? Tenang, Bisa Diperbaiki!

Layar LCD Menggelap pada MacBook Keluaran 2017-2019? Tenang, Bisa Diperbaiki!

Gambar 1. Contoh LCD MacBook No Display.

Permasalahan umum yang sering dikeluhkan oleh para pengguna MacBook keluaran tahun 2017-2019 yaitu layar yang menggelap apabila perangkat dibuka secara total. Padahal, jika dibuka sebagian, layar MacBook masih bisa menyala! Tidak hanya itu, hardware lainnya, seperti keyboard, dapat berfungsi secara normal dan tidak menunjukkan kerusakan apapun.

Apakah Anda sedang mengalami permasalahan yang serupa? Yuk, ketahui penyebanya agar bisa menemukan solusi yang tepat untuk MacBook Anda!

Dalam kebanyakan kasus, penyebab utama dari kerusakan layar LCD pada MacBook keluaran 2017-2019 adalah masalah pada kabel fleksibel atau flexicable. Kabel fleksibel pada MacBook adalah kabel yang menghubungkan layar MacBook dengan mainboard. Sehingga jika komponen penting ini rusak, maka akan dapat menyebabkan hilangnya fungsionalitas tampilan dan kerusakan yang serius.

Keadaan yang paling sering terjadi pada kasus semacam ini adalah saat MacBook dibuka perlahan, ada garis-garis yang muncul pada layar, namun garis-garis tersebut tidak muncul secara pasti. Tidak hanya itu, terkadang ada pula discolouring atau warna kehijauan yang muncul, sehingga display LCD menjadi kurang menarik.

Untuk mendapatkan solusi yang tepat, disarankan bagi Anda untuk melakukan pengecekan pada komponen lain yang mungkin dapat mempengaruhi kinerja LCD MacBook, karena terdapat banyak kemungkinan yang bisa menjadi pemicu dalam kerusakan jenis ini. Sebab, jika tidak melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian lainnya, permasalahan berupa garis-garis dan discoloring yang terdapat pada layar tidak akan terselesaikan.

Solusi yang Dapat Anda Pilih untuk Permasalahan LCD MacBook Menggelap

Satu-satunya cara yang paling aman untuk mengembalikan keadaan LCD yang menggelap yaitu dengan mengganti seluruh top system pada MacBook. Hal ini karena top system terdiri dari beberapa komponen, termasuk LCD, kabel fleksibel, dan panel depan. Mengganti top system nantinya akan mengembalikan fungsi normal dari layar LCD MacBook yang Anda miliki.

Dikutip dari beberapa sumber, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti top system MacBook:

  1. Matikan MacBook dan putuskan semua koneksi perangkat eksternal.
  2. Pastikan MacBook ditempatkan di permukaan yang kuat, rata, dan stabil dengan ventilasi yang baik.
  3. Gunakan Diagnostik Apple untuk memeriksa apakah ada masalah perangkat keras lainnya pada MacBook.
  4. Jika MacBook Anda menggunakan Apple Silicon, tekan dan tahan tombol daya, lalu tekan dan tahan tombol Command (⌘)-D pada papan ketik untuk memulai Diagnostik Apple.
  5. Jika MacBook Anda menggunakan prosesor Intel, klik "Mulai Ulang" atau tekan tombol R untuk memulai ulang MacBook dan memuat halaman web dengan informasi selengkapnya.
  6. Setelah selesai, pilih "Mulai Ulang" atau "Matikan" dari halaman web.
  7. Buka MacBook dan lepaskan baut yang mengikat panel depan ke bodi MacBook.
  8. Lepaskan kabel fleksibel yang terhubung ke LCD dan panel depan.
  9. Pasang top system baru dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara terbalik.
  10. Nyalakan MacBook dan periksa apakah tampilan berfungsi dengan baik.

Apabila Anda tidak yakin atau tidak nyaman untuk mengganti top system MacBook sendiri, disarankan untuk membawanya ke pusat layanan resmi Apple atau teknisi yang terpercaya untuk mendapatkan bantuan profesional. Zapplerepair hadir untuk membantu Anda mengatasi permasalahan LCD menggelap pada Macbook keluaran 2017-2019.

Anda dapat menghubungi kami melalui social media kami di Instagram dan Facebook Zapplerepair atau bisa hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp. Kunjungi juga outlet resmi kami yang berlokasi pada:

Kantor Pusat: Jalan Jembatan 3 Raya Ruko 11J, Jakarta Utara

Jakarta Selatan: Jalan Mampang Prapat Raya No. 24C, Jakarta Selatan

Datangi outlet kami untuk konsultasi langsung, GRATIS!