Cara Install Windows 11 pada Mac M1 atau M2 dengan Gratis

Cara Install Windows 11 pada Mac M1 atau M2 dengan Gratis

Windows 11.

Terkadang bagi kita para pengguna Mac M1 atau M2 mengalami beberapa kondisi yang membuat kita membutuhkan program Windows yang tidak dirancang untuk Mac. Berikut kami sajikan tutorial bagaimana menginstall Windows 11 pada Mac M1 atau M2 dengan gratis. 

Hal yang pertama kali Anda lakukan adalah mendownload tiga program penting. Program yang pertama adalah UTM. Untuk mendapatkannya silahkan klik link berikut https://mac.getutm.app/ kemudian download file DNG atau bisa langsung ke app store. Untuk tutorial ini kami langsung menuju ke link tersebut untuk mendownload file DMG.

Setelah selesai di download, untuk memudahkan, Anda bisa menaruh file utm.dmg tersebut ke layar desktop. Kemudian klik dua kali, lalu Anda dapat menyeretnya ke folder Applications. Lalu file utm.dng yang ada di layar desktop bisa dihapus dan Anda dapat eject utm karena kita tidak lagi membutuhkannya.



Selanjutnya kita akan memperoleh Windows versi copy. Kita dapat memulai proses ini pada link kedua yakni https://www.microsoft.com/en-us/softw... . Setelah ini kita berada di halaman Windows dan Anda diharapkan bergabung dengan program agar bisa mendownload, akan tetapi tidak perlu khawatir karena  semuanya itu gratis dan siapa saja dapat bergabung. Kemudian bila Anda dihadapkan versi mana yang akan didownload, pilih Windows 11 Client ARM64 Insider Preview(Dev Channel) - Build 25158 > klik Confirm > pilih English (United States) > klik Confirm > klik Download Now. Dalam mendownload Windows diperlukan waktu yang cukup lama karena ukuran file yang besar. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan waktu tunggu ini untuk mendowload spice guest tools. Kemudian kita klik link yang ketiga yaitu  https://www.spice-space.org/download/... Klik download > setelah selesai drag file ke layar desktop.

Setelah Windows selesai di download, ternyata muncul permasalahan berupa filenya yang dalam bentuk VHDX. Dalam tutorial lain mengatakan untuk menggunakan VHDX file dalam UTM, akan tetapi hal tersebut bisa menjadi sebuah kesalahan. Oleh karena itu kita perlu mengconvertnya menjadi qcow2. Untuk melakukan conversion kita perlu program homebrew dan berikut linknya https://brew.sh/

Kemudian untuk mempermudah, drag file Windows yang sudah di download ke desktop lalu kembali ke homebrew. Proses ini sedikit berbeda dari biasanya. Pertama di bagian bawah Install Homebrew kita dapat melihat sederet kode. Kemudian klik simbol copy untuk mengcopy kode ini pada clipboard dan buka terminal. Kemudian paste kode tersebut > tekan enter > masukkan log on password Anda > tekan enter. Sekarang sudah terinstall sehingga apa yang kami tampilkan mungkin berbeda dari tampilan Anda. Sedikit tambahan informasi jika Anda belum menginstal ini sebelumnya, Anda akan melihat bahwa Homebrew memberi tahu anda untuk mengcopy dua commands ke terminal, jadi bila Anda hanya hightlight, copy, dan paste itu ke terminal, itu akan menyelesaikannya. 

Selanjutnya kita perlu menginstall program konversi yang aktual yang disebut QEMU. Jadi ketik brew install qemu > tekan enter. Kemudian yang dapat kita lakukan adalah menggunakan qemu untuk convert Windows dari file pratinjau VHDX ke file qcow2. Caranya yaitu dengan mengetik qemu-img convert -p -O qcow2 > seret windows file ke terminal > beri satu spasi > seret kembali file windows yang sebelumnya tetapi hapus VHDX kemudian ganti menjadi qcow2 > tekan enter. Kemudian akan dimulai convert ke qcow2.

Selanjutnya pergi ke launchpad > cari lalu klik utm > pilih create a New Virtual Machine > klik Virtualize > klik Windows > klik browse > pilih file qcow2 > klik open > klik continue > atur hardware menjadi 6144 MB, biarkan CPU Cores pada mode Default > klik Continue > Anda dapat memiliki shared directory bila Anda menginginkannya > klik Continue > klik save > sekarang mulai mengatur virtual machine. Sekarang yang dapat kita lakukan tekan play. Jika Anda melihat gobbledygook pada bagian atas screen, maka sejauh ini Anda melakukan dengan baik. Tunggu beberapa saat untuk reboot. Kemudian setting windows. 

Sekarang mungkin Anda akan menemui masalah karena harusnya ada opsi I don’t have internet, tetapi itu sering kali tidak muncul, jadi yang harus Anda lakukan adalah tekan shift + f10 dan ketik OOBE\BYPASSNRO > tekan enter. Kemudian akan menyetel ulang. Bila sudah muncul opsi I don’t have internet kemudian bisa di klik

Kita sekarang sudah di windows desktop, akan tetapi ini belum selesai karena jaringan tidak berfungsi. Kemudian bila anda klik display setting, anda akan menemukan bahwa anda tidak dapat mengubah skala atau resolusi display. Oleh karena itu kita perlu menginstal spice guest tools. Kita perlu menaruhnya ke CD drive. Jadi untuk melakukan itu kita perlu mematikan virtual machine terlebih dahulu, yakni dengan klik shut down. Kemudian kita pergi ke UTM > klik CD/DVD > klik browse > klik spice guest tools yang .iso > klik open > kemudian relaunch virtual machine nya. Lalu kita pergi ke file explorer > klik CD Drive > double klik spice guest tools > kemudian bisa di klik yes > klik next > klik I agree > klik finish. Anda akan secara langsung menyadari bahwa Anda memiliki layar yang besar. Kemudian bila di klik kita akan mendapat layar penuh. Kemudian anda bisa mencoba untuk menjelajah menggunakan Microsoft Edge.

Sekian langkah-langkah dalam menginstal Windows 11 pada Mac M1 atau M2 dengan gratis. 

Jika anda memiliki masalah dengan perangkat anda, anda bisa menghubungi kami melalui social media kami di Instagram dan Facebook Zapplerepair atau bisa hubungi kami di  021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp.

Anda juga bisa langsung datang ke kantor kami di :

Kantor Pusat : Jl. Jembatan 3 Raya Ruko 11J, Jakarta Utara.

Jakarta Selatan : Jl. Mampang Prapat Raya No. 24C, Jakarta Selatan

Semarang : Jl. Industri 2 LIK No. 80-81, Genuk, Kota Semarang

Semoga artikel ini membantu :)