Cara Menginstal Windows 10 di Mac dengan Boot Camp Assistant

Cara Menginstal Windows 10 di Mac dengan Boot Camp Assistant

Boot Camp Assistant pada Mac.

Windows 10 merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang menjadi pendahulu dari sistem terbarunya saat ini, yaitu Windows 11. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 7 maupun Windows 8 di laptop atau PC kesayangan Anda, maka mulailah untuk segera meng-upgrade. Sebab, Microsoft mengklaim akan segera mengakhiri upgrade secara gratis Windows 10 pada akhir Juli mendatang.

Selain untuk laptop atau PC berbasis Windows sebelumnya, kini perangkat besutan Apple, Macintosh atau Mac juga dapat Anda gunakan untuk melakukan instalasi sistem operasi Windows 10. Lalu, bagaimanakah cara melakukan instalasi Windows 10 di perangkat Mac dengan menggunakan Boot Camp Assistant? Anda hanya harus memenuhi beberapa syarat agar bisa melakukan instalasi Windows 10 pada Mac melalui Boot Camp Assistant. Simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini!

 

Persiapan sebelum melakukan instalasi Windows 10 pada Mac melalui Boot Camp

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melanjutkan proses instalasi :

1. Pastikan Mac Anda kompatibel dengan proses instalasi Windows 10. Berikut adalah beberapa perangkat Mac yang kompatibel:

  • MacBook keluaran tahun 2015 atau versi yang lebih baru
  • MacBook Air keluaran tahun 2012 atau versi yang lebih baru
  • MacBook Pro keluaran tahun 2012 atau versi yang lebih baru
  • Mac Mini keluaran tahun 2012 atau versi yang lebih baru
  • iMac keluaran tahun 2012 atau versi yang lebih baru
  • iMac Pro semua model
  • Mac Pro keluaran tahun 2013 atau versi yang lebih baru

2. macOS yang berjalan di Mac Anda sudah up-to-date

3. Tersedia ruang kosong dengan kapasitas sebesar minimal 64 GB. Namun, untuk lebih baiknya sediakan ruang kosong dengan kapasitas sebesar 100 GB.

4. Flash drive USB eksternal dengan kapasitas sebesar 16 GB atau lebih, kecuali Mac Anda tidak memerlukannya. Berikut ini daftar perangkat Mac yang tidak membutuhkan flash drive untuk melakukan instalasi Windows 10, diantaranya:

  • MacBook 2015 atau versi lebih baru
  • MacBook Air 2017 atau lebih baru
  • MacBook Pro 2015 atau lebih baru
  • iMac 2015 atau versi lebih baru
  • iMac Pro semua model
  • Mac Pro 2013 atau lebih baru 

5. Koneksi internet dan sinyal yang cepat dan stabil.

 

Jika perangkat Mac Anda sudah memenuhi syarat di atas, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Persiapan download file installer (.ISO file) Windows 10 untuk perangkat Mac

Sebelum melanjutkan proses instalasi, perhatikan beberapa hal yang perlu Anda persiapkan berikut:

  • Pertama, pastikan Anda menggunakan koneksi atau jaringan internet yang stabil dan cepat, direkomendasikan untuk menggunakan WiFi karena selain mendownload file ISO, Anda akan perlu melakukan instalasi sejumlah driver dasar yang diperlukan sistem operasi Windows dan melakukan update Windows untuk menyelesaikan instalasi. Tentunya hal ini akan memerlukan jumlah kuota internet yang cukup besar
  • Kemudian untuk persiapan yang kedua, perangkat Mac Anda direkomendasikan memiliki ruang penyimpanan kosong sebesar kira-kira 100GB atau lebih. Sebagian ruang kosong ini nantinya akan digunakan untuk membuat partisi pada Windows 10, dan sisanya untuk ruang penyimpanan di macOS.
  • Jika ternyata kapasitas ruang penyimpanan yang tersedia pada Mac Anda kurang dari itu, disarankan untuk segera menghapus data yang tidak diperlukan secara manual atau dapat menggunakan bantuan aplikasi CleanMyMac, Anda bisa mendownloadnya disini atau akses https://cleanmymac.com/ melalui browser Anda. Atau backup data yang jarang dipakai ke media penyimpanan eksternal atau menggunakan Time Machine.

Jika Anda berniat untuk melakukan install ulang macOS atau instalasi sistem operasi baru pada device Macintosh, maka Anda wajib mengetahui cara untuk melakukan backup data di Time Machine. Apa itu Time Machine? Time Machine adalah fitur bawaan Apple yang ada di dalam Mac OS X atau macOS.

Fitur ini bisa Anda akses melalui spotlight, launchpad, dan system preference. Time Machine berfungsi untuk mencadangkan seluruh data diantaranya file lokal sampai dengan cadangan informasi dan pengaturan di seluruh sistem dalam sebuah perangkat Macintosh.

Berikut adalah penjelasan dan cara melakukan backup data menggunakan Time Machine :

  1. Siapkan harddisk eksternal, lalu sambungkan perangkat Mac ke USB. Setelahnya, akan muncul notifikasi pada device Anda bahwa Time Machine ingin menggunakan keseluruhan harddisk ini.
  2. Apabila Anda tidak ingin membuat keseluruhan harddisk digunakan oleh Time Machine, maka buatlah partisi khusus untuk Time Machine.
  3. Untuk membuat partisi khusus Time Machine, buatlah partisi di menu Disk Utility.
  4. Atur ukuran atau kapasitas partisi, direkomendasikan untuk mengatur dengan ukuran minimal sebesar 500 GB (atau bisa disamakan sesuai dengan ukuran SSD nya), lalu beri nama "Time Machine".
  5. Buka Time Machine dengan cara seperti berikut:
  • Klik logo Apple
  • Pilih System Preferences
  • Klik ikon Time Machine
  • Klik Select Backup Disk
  • Pilih partisi harddisk yang akan digunakan Time Machine yang telah dibuat sebelumnya
  • Kemudian klik Use Disk
  • Time Machine akan memulai proses backup data dengan segera

Perlu diingat bahwa proses backup ini pada umumnya akan memakan waktu yang relatif lama. Waktu yang dibutuhkan untuk mem-backup data tergantung oleh besarnya keseluruhan file dan kecepatan transfer data. 

Lalu, jika Anda memerlukan pemulihan data dari pencadangan menggunakan Time Machine. Anda bisa menggunakan bantuan Migration Assistant untuk memulihkan file pribadi Anda, termasuk aplikasi dan seluruh informasi yang ada di akun pengguna yang sebelumnya sudah di-backup menggunakan Time Machine.

Lalu bagaimana cara Memulihkan Cadangan Mac dari Time Machine Menggunakan Migration Assistant? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

  1. Pastikan bahwa perangkat Mac Anda tidak membutuhkan install ulang. Apabila Mac Anda memerlukan install ulang.
  2. Pastikan disk cadangan Time Machine tersambung ke perangkat Mac dan sedang aktif atau dinyalakan.
  3. Buka Migration Assistant di perangkat Mac. Aplikasi tersebut terdapat di folder Utilities pada folder Applications.
  4. Apabila muncul pertanyaan mengenai cara untuk mentransfer data, pilihlah opsi berikut: mentransfer dari Mac, cadangan Time Machine, atau startup disk. Kemudian klik Lanjutkan.
  5. Pilih cadangan Time Machine, lalu klik Lanjutkan.
  6. Pilih cadangan, lalu klik Lanjutkan.
  7. Pilih data yang Anda ingin pulihkan.
  8. Klik Lanjutkan untuk memulai pemulihan. Pemulihan file berukuran besar mungkin membutuhkan beberapa jam hingga selesai.

 

Sebagai catatan : Anda kemungkinan akan diminta masuk dengan nama administrator dan kata sandi selama proses instalasi berlangsung, jadi pastikan Anda mengetahui dan hafal mengenai  informasi akun administrator di Mac Anda.

  • ​​Lalu persiapan yang ketiga, saat melakukan proses instalasi Windows 10, Mac laptop (MacBook, MacBook Pro, MacBook Air) Anda sebaiknya dalam keadaan tersambung dengan adaptor Magsafe atau pengisi daya, untuk menghindari terjadinya kegagalan instalasi apabila tiba-tiba perangkat mengalami kehabisan daya ditengah-tengah berjalannya proses.

 

Download file installer (.ISO file) Windows 10 untuk perangkat Mac

Untuk bisa menggunakan Windows 10 di dalam perangkat Mac dengan menggunakan metode dual boot, Anda perlu men-download file berekstensi .ISO untuk memulai instalasi Windows 10 pada Mac Anda.

Lalu bagaimanakah Cara Download File ISO Windows 10 untuk Mac? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

Setelah Anda memastikan beberapa hal diatas sudah terpenuhi, Anda bisa melanjutkan dengan step-step dibawah ini:

  1. Klik pada link ini atau akses alamat berikut ini, https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10ISO pada browser Anda untuk memulai unduhan file ISO Windows 10.
  2. Selanjutnya klik pada tombol Select edition kemudian lanjutkan dengan memilih Windows 10. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik tombol Confirm.

  1. Pada bagian Select the product language pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada Windows. Direkomendasikan untuk memilih English International lalu setelah itu lanjutkan dengan meng-klik tombol Confirm.
  2. Kemudian selanjutnya Anda dapat memilih arsitektur Windows 10 yang akan didownload, diantaranya adalah versi arsitektur 32-bit Download dan 64-bit Download. Direkomendasikan untuk memilih opsi versi arsitektur 64-bit Download.

  1. Unduhan akan dimulai otomatis, harap tunggu beberapa saat hingga prosesnya telah selesai.
  2. File ISO sudah siap untuk di-install.
  3. Untuk lanjut melakukan instalasi Windows 10 pada Mac menggunakan metode dual boot, akan dibahas di bagian berikut.

 

Proses Instalasi Windows 10 pada Mac melalui Boot Camp

  1. Buka Launchpad (buka dengan menggunakan gestur atau gerakan 3 jari), lalu klik Others dan pilih opsi Boot Camp Assistant.
  2. Klik tombol Continue, pilih file ISO yang sudah di download tadi.
  3. Tentukan besar partisi Windows 10 yang dibutuhkan dengan menarik titik scaling ke kiri (direkomendasikan mengatur kapasitas partisi sebesar antara 60 GB sampai dengan 100 GB).
  4. Klik Install, tunggu hingga proses Download selesai.
  5. Masukkan password Mac Anda lalu lanjutkan dengan mengklik OK.
  6. Pilih salah satu bahasa (direkomendasikan memilih Indonesia atau English), kemudian untuk penyetelan time currency format (direkomendasikan memilih English United States), lalu untuk setelan keyboard input method direkomendasikan memilih (US). Setelah selesai lalu klik Next untuk melanjutkan.
  7. Pada jendela Aktivasi Windows, masukkan product key jika Anda sebelumnya telah memiliki atau membelinya. Tetapi jika tidak memilikinya, pilih opsi “I don't have a product key”, lalu klik Next untuk melanjutkan.
  8. Pilih versi Windows sesuai dengan yang Anda inginkan. Direkomendasikan untuk memilih versi Windows 10 Home atau Windows 10 Pro.
  9. Klik pada kotak centang bertuliskan keterangan “I accept the license term” untuk memberi persetujuan, lalu lanjutkan dengan mengklik Next.
  10. Pilih partisi dengan label BOOTCAMP.
  11. Mohon tunggu beberapa saat karena instalasi Windows 10 di perangkat Mac Anda akan segera dimulai.
  12. Tahap selanjutnya sistem akan meminta Anda untuk memasukkan informasi dasar seperti nama akun, password, region, keyboard layout, dan lain sebagainya.
  13. Kemudian sistem akan memunculkan sebuah jendela aplikasi Boot Camp, cukup lanjutkan dengan klik Next, lalu lanjutkan lagi dengan mengklik Install. Tahap ini merupakan tahap proses penginstalan driver ke dalam sistem operasi Windows 10 di dalam perangkat Mac Anda.
  14. Setelah semua proses selesai tanpa adanya kendala yang berarti, lanjutkan dengan cukup mengklik Finish kemudian klik Restart.
  15. Lakukan update pada Windows dengan melakukan pencarian atau search dengan keyword "update", lalu lanjutkan dengan mengklik Check for updates.

Setelah semua langkah sudah dilakukan, sistem operasi Windows 10 sudah siap digunakan di perangkat Mac Anda! Anda bisa mengkostumisasi pengaturan di dalamnya setelah itu.

 

Cara untuk uninstall Windows 10 di perangkat Mac

Biasanya setelah dalam beberapa minggu atau bulan, pengguna mulai merasakan perbedaan yang signifikan diantara perbedaan dalam penggunaan sistem operasi Windows 10 dan macOS di perangkat Mac. Hal ini kemudian membuat banyak pengguna merasa lebih nyaman untuk menggunakan hanya satu jenis sistem operasi di perangkat Mac mereka karena alasan kenyamanan atau tidak mau ribet. Bahkan ada beberapa pengguna yang mengklaim perangkat mereka menjadi semakin lelet dan lemot setelah pengaplikasian sistem dual boot.

Pada akhirnya para pengguna memutuskan untuk mencopot instalasi atau melakukan proses uninstall sistem operasi Windows 10 di Mac mereka karena merasa lebih nyaman menggunakan sistem operasi macOS. Lalu bagaimanakah cara melakukan uninstall sistem operasi Windows 10 yang telah terpasang di perangkat Mac? Mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

  1. Hidupkan Mac Anda. Tekan dan tahan tombol Option hingga logo Apple muncul di layar. Setelah itu akan ditampilkan pilihan sistem operasi di layar untuk kita gunakan di perangkat Mac. Lanjutkan dengan mengklik sistem operasi macOS.
  2. Jalankan Mac Anda menggunakan sistem operasi macOS seperti biasanya.
  3. Direkomendasikan untuk melakukan backup semua data penting yang telah tersimpan di partisi Windows di dalam perangkat Mac menggunakan harddisk, flash drive, atau media penyimpanan eksternal lainnya sebelum Anda me-remove atau menghapusnya untuk menghindari terjadinya kehilangan data penting yang telah Anda simpan sebelumnya. Anda juga dapat menggunakan media penyimpanan cloud online seperti Google Drive, Dropbox, One Drive, dan lain sebagainya.
  4. Akhiri sesi dan keluar dari semua aplikasi yang sedang dijalankan dan log out semua akun yang ada.
  5. Buka aplikasi Boot Camp Assistant, klik Continue.
  6. Jika tahap atau step Select Tasks dimunculkan oleh sistem, silahkan pilih "Remove Windows 10 or later version". Lalu lanjutkan dengan mengklik Continue.
  7. Kemudian lakukan salah satu opsi yang telah tersedia berikut :
  • Jika perangkat Mac Anda menggunakan hanya satu buah internal disk, lanjutkan dengan mengklik Restore.
  • Namun, jika perangkat Mac Anda menggunakan lebih dari satu buah internal disk, lanjutkan dengan mengklik disk Windows lalu pilih “Restore disk to a single macOS partition”. Kemudian lanjutkan dengan mengklik Continue.

Itulah langkah-langkah dari Cara Menginstal Windows 10 di Mac dengan Boot Camp Assistant. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca sekalian!

Jika Anda memiliki kendala atau masalah saat melakukan langkah-langkah diatas, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Surface Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!