Cara Menghapus iCloud dan Apple ID milik User Sebelumnya

Cara Menghapus iCloud dan Apple ID milik User Sebelumnya

Apple ID di dalam perangkat Apple.

Jika Anda membeli atau menggunakan perangkat Apple dalam kondisi second atau bekas pakai orang lain, maka akan ada kalanya perangkat Apple Anda meminta Anda untuk memasukkan informasi kata sandi atau password untuk akun Apple ID yang sudah tertaut dalam perangkat yang Anda gunakan. Biasanya informasi ini hanya dapat diakses oleh pemilik akun Apple ID tersebut atau pengguna perangkat yang Anda gunakan tersebut sebelumnya.

Apple ID merupakan alamat surel yang digunakan untuk log in ke App Store dan layanan Apple yang memuat berbagai fitur lainnya yang hanya dapat diakses dengan akun Apple ID. Biasanya, Anda akan diminta untuk memasukkan Apple ID Anda yang sudah ada atau membuat Apple ID yang baru dari pengaturan awal saat Anda baru membeli perangkat Apple dalam kondisi new atau baru. Setelah itu, OS (macOS atau iOS) akan mengingat informasi Apple ID yang Anda gunakan pada perangkat. Meskipun begitu, para pengguna tetap harus menginput ulang kata sandi atau password dalam jangka waktu yang ditentukan oleh Apple untuk alasan keamanan penggunaan perangkat.

Lalu bagaimana cara mengatasi munculnya pop up Apple ID yang terus meminta Anda memasukkan kata sandi atau password akun Apple ID yang bahkan bukan milik Anda? Zapplerepair akan memberikan penjelasan selengkapnya untuk Anda, simak uraian dalam artikel berikut ini!

 

Solusi mengatasi Apple ID yang terus meminta input kata sandi akun Apple ID pemilik sebelumnya

Guna mengatasi munculnya pop up Apple ID yang terus meminta Anda memasukkan kata sandi atau password akun Apple ID pemilik perangkat sebelumnya, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menanganinya. Apa sajakah itu?

Menghubungi Pemilik Perangkat Sebelumnya

Cara yang pertama adalah Anda dapat menghubungi pemilik sebelumnya perangkat Anda. Anda dapat menemui mereka dan meminta mereka untuk bisa melakukan log out akun Apple ID yang telah tertaut di perangkat lama mereka. Setelah akun Apple ID pemilik lama berhasil log out, Anda dapat melanjutkan untuk melakukan log in atau masuk ke akun Apple ID milik Anda sendiri. Dan apabila Anda belum pernah memiliki akun Apple ID sebelumnya, Anda dapat melakukan sign in atau pembuatan akun Apple ID yang baru. Langkah-langkahnya akan kami jelaskan setelah beberapa penjelasan berikut.

Menghapus Akun Apple ID Pemilik Sebelumnya secara Mandiri

Lalu apa jadinya jika Anda tidak dapat menghubungi pemilik perangkat Anda sebelumnya atau pemilik sebelumnya berhalangan hadir untuk menemui Anda dan menyelesaikan masalah ini? Tenang, Zapplerepair akan memberikan solusi terbaik untuk Anda melalui penjelasan dibawah.

Anda bisa menghapus akun Apple ID lain yang terhubung pada perangkat yang Anda gunakan dan mengubahnya dengan akun Apple ID milik Anda sendiri. Berikut ini cara untuk melakukannya.

Mengganti Apple ID yang muncul di App Store

Misalnya, ada orang atau kerabat Anda yang meminjam perangkat iPhone atau iPad Anda kemudian mereka memasukkan Apple ID nya sendiri untuk melakukan instalasi untuk sebuah aplikasi. Pada saat Anda masuk lagi ke App Store, otomatis akun yang sebelumnya dipakai akan menjadi akun default Apple ID di App Store. Untuk kembali menggunakan akun Apple ID milik Anda, lakukan cara berikut ini:

  • Buka App Store pada perangkat Anda.
  • Ketuk Featured.
  • Pilih Apple ID di kiri bawah, kemudian ketuk opsi Sign Out.
  • Pilih Sign In, kemudian masukkan informasi Apple ID dan kata sandi milik akun Apple ID Anda. Jika sudah, pilih OK.
  • Selesai. Apple ID pun sukses diganti. Dengan cara ini, ketika sistem mengunduh atau meng-update aplikasi, mereka akan meminta Anda untuk memasukkan informasi kata sandi Apple ID milik Anda.

Sebagai catatan, aplikasi yang telah diunduh menggunakan akun Apple ID lain itu akan tetap ada di perangkat Anda. Hal ini sebenarnya akan menjadi masalah, karena iOS akan secara otomatis mengingat bahwa aplikasi tersebut diunduh dengan akun lain. Akibatnya, pada saat ada update untuk aplikasi tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi dari Apple ID yang telah digunakan untuk mengunduh aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya Anda bisa melewati pembaharuan aplikasi tersebut, menanyakan kata sandi Apple ID yang telah digunakan untuk mengunduh aplikasi tersebut ke teman atau kerabat Anda, atau Anda dapat menghapus saja aplikasinya dari perangkat Anda.

 

Menghapus Apple ID dari iCloud atau Find My Friends

Menghapus Apple ID yang tidak diinginkan dari iCloud atau Find My Friends ini sedikit lebih sulit. Hal ini dikarena Apple meminta Anda untuk mengisi kata sandi sejak tahap awal Anda akan melakukan proses hapus akun. Hal ini dilakukan guna menghindari perangkat hasil curian dijual ke pasaran. Jika Anda tahu pemilik Apple ID sebelumnya, maka Anda harus meminta mereka untuk memasukkan kata sandinya pada perangkat Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke kata sandi tersebut (karena Anda membeli iPhone/iPad bekas, misalnya) maka mau tidak mau Anda harus menghubungi orang yang bersangkutan atau mengembalikan iPhone itu untuk mendapatkan refund.

Setelah Anda mendapatkan kata sandi yang dibutuhkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

  1. Buka Settings atau pengaturan. Ketuk bagian paling atas yang menunjukkan nama dan foto Anda. Pada iOS versi yang lebih lama, Anda harus memilih opsi iCloud.
  2. Pilih Sign Out, kemudian Delete from My iPhone.
  3. Masukkan kata sandi dari Apple ID lama yang 
  4. Putuskan apakah Anda ingin menyimpan salinan data dan informasi iCloud untuk kalender, kontak, pengingat, dan pengaturan Safari.
  5. Pilih Sign Out. Setelah ini, Anda bisa memilih opsi Sign In dan memasukkan Apple ID dan kata sandinya.

Apabila Anda sebelumnya sudah pernah memiliki akun Apple ID dan iCloud maka langkah-langkah diatas akan menyelesaikan permasalahan perangkat Apple Anda. Lalu bagaimana jika Anda belum pernah memiliki atau membuat akun Apple ID sebelumnya? Simak penjelasan langkah-langkah untuk membuat Apple ID di bawah ini!

 

Langkah-langkah Membuat Apple ID Baru

Membuat ID Apple di iPhone, iPad, atau iPod Touch

Anda dapat membuat ID Apple baru saat mengatur perangkat, atau atur nanti di App Store.

Membuat ID Apple saat mengatur perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch

  1. Ketuk "Lupa kata sandi atau tidak memiliki ID Apple?".
  2. Ketuk Buat ID Apple Gratis atau Create a Free Apple ID.
  3. Masukkan informasi tanggal lahir dan identitas Anda. Ketuk Berikutnya untuk melanjutkan.
  4. Ketuk "Gunakan alamat email saat ini" atau Anda juga dapat memilih "Dapatkan alamat email iCloud gratis".
  5. Jika diminta, ikuti langkah-langkah di layar untuk memverifikasi alamat email dan mengatur autentikasi dua faktor. Jika memilih untuk melewati langkah ini, Anda akan diminta untuk melakukannya nanti di Pengaturan perangkat iPhone, iPad, atau iPod Touch Anda. 

Membuat ID Apple menggunakan App Store di perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch

  1. Buka App Store, lalu klik pada tombol masuk dengan logo  .
  2. Ketuk Buat ID Apple Baru. Jika tidak ada pilihan ini, pastikan Anda sudah berhasil melakukan log out dari iCloud pemilik perangkat Anda yang sebelumnya.
  3. Ikuti instruksi langkah-langkah selanjutnya yang akan muncul di layar. Alamat email yang telah Anda berikan akan menjadi ID Apple baru Anda.
  4. Masukkan nomor kartu kredit dan informasi penagihan, lalu ketuk Berikutnya. Anda juga dapat memilih Tidak Ada. Ketahui tindakan yang dapat dilakukan jika pilihan Tidak Ada tidak muncul atau Anda tidak dapat memilihnya. Anda tidak akan dikenai biaya sebelum melakukan pembelian apapun di dalam App Store. 
  5. Konfirmasikan atau verifikasi nomor telepon yang telah Anda berikan. Langkah ini dapat membantu memverifikasi identitas dan memulihkan akun jika diperlukan. Ketuk Berikutnya untuk melanjutkan.
  6. Periksa email Anda untuk apakah email verifikasi dari Apple sudah masuk dan lanjutkan instruksi yang tertera dalam email untuk melakukan verifikasi alamat email Anda. 

Setelah memverifikasi alamat email, Anda dapat menggunakan ID Apple untuk masuk ke iTunes Store, App Store, dan layanan Apple lainnya seperti iCloud.

Membuat ID Apple di Mac

  1. Pilih menu Apple  lalu klik pada Preferensi Sistem.
  2. Klik Masuk.
  3. Klik Buat ID Apple, lalu ikuti instruksi langkah-langkah selanjutnya yang akan muncul di layar. Alamat email yang telah Anda berikan akan menjadi ID Apple baru Anda.
  4. Masukkan informasi kartu kredit dan penagihan, lalu klik Lanjutkan. Anda juga dapat memilih Tidak Ada. Pelajari tindakan yang dapat dilakukan jika pilihan Tidak Ada tidak muncul atau Anda tidak dapat memilihnya. Anda tidak akan dikenai biaya sebelum melakukan pembelian apapun di dalam App Store.
  5. Periksa email Anda untuk apakah email verifikasi dari Apple sudah masuk dan lanjutkan instruksi yang tertera dalam email untuk melakukan verifikasi alamat email Anda.

Setelah memverifikasi alamat email, Anda dapat menggunakan ID Apple baru untuk masuk ke App Store dan layanan Apple lainnya seperti iCloud. 

Membuat ID Apple di PC Windows

  1. Buka iTunes untuk Windows. Pastikan iTunes yang Anda miliki merupakan versi yang terbaru.
  2. Dari bar menu di bagian atas layar komputer atau di bagian atas jendela iTunes, pilih Akun kemudian Masuk. Setelah itu, klik Buat ID Apple Baru.
  3. Klik Buat ID Apple, lalu ikuti instruksi langkah-langkah selanjutnya yang akan muncul di layar. Alamat email yang telah Anda berikan akan menjadi ID Apple baru Anda.
  4. Masukkan informasi kartu kredit dan penagihan, lalu klik Lanjutkan. Anda juga dapat memilih Tidak Ada. Ketahui tindakan yang dapat dilakukan jika pilihan Tidak Ada tidak muncul atau Anda tidak dapat memilihnya. Anda tidak akan dikenai biaya sebelum melakukan pembelian apapun di dalam App Store. Apple hanya akan membebankan biaya dan memberikan tagihan pembayaran kepada Anda ketika Anda melakukan pembelian.
  5. Periksa email Anda untuk apakah email verifikasi dari Apple sudah masuk dan lanjutkan instruksi yang tertera dalam email untuk melakukan verifikasi alamat email Anda.

Membuat ID Apple di perangkat lain

Untuk membuat ID Apple di Apple TV, perangkat Android, smart TV, atau perangkat streaming, Anda biasanya dapat mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar dan memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, alamat email atau nomor telepon, dan metode pembayaran. Jika Anda mengatur app Apple TV di smart TV, Anda mungkin diarahkan ke alamat activate.apple.com oleh Apple untuk membuat ID Apple. Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk membuat ID Apple di web.

Membuat ID Apple di web

  1. Buka alamat appleid.apple.com di browser Anda, lalu klik Buat ID Apple Anda.
    Jepretan layar appleid.apple.com yang menampilkan logo Apple di tengah layar dan dikelilingi lingkaran berwarna konsentris.
  2. Klik Buat ID Apple, lalu ikuti instruksi langkah-langkah selanjutnya yang akan muncul di layar. Alamat email yang telah Anda berikan akan menjadi ID Apple baru Anda.
  3. Masukkan nomor telepon yang aktif dan selalu dapat Anda akses.
  4. Centang kotak untuk berlangganan Pembaruan Apple hanya apabila Anda menginginkannya. Langkah ini akan memberi Anda berita, perangkat lunak, produk, dan layanan terkini dari Apple.
  5. Klik Lanjutkan.
  6. Ikuti instruksi langkah-langkah selanjutnya yang akan muncul di layar untuk memverifikasi alamat email dan nomor telepon Anda. 

Setelah memverifikasi alamat email, Anda dapat menggunakan ID Apple baru untuk masuk ke iTunes Store dan layanan Apple lainnya seperti iCloud.

Jika melihat pesan bahwa Anda perlu masuk ke iTunes ketika membuat Apple ID di web

Jika Anda membuat ID Apple baru melalui web dan mendapatkan pesan atau notifikasi bahwa Anda perlu masuk ke iTunes terlebih dahulu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melanjutkan pembuatan Apple ID untuk perangkat Anda: 

  • Pada iPhone, iPad, atau iPod Touch: Buka Pengaturan, ketuk "Masuk ke perangkat", lalu masuk dengan ID Apple Anda yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Di Mac: Pilih menu Apple  lalu pilih Preferensi Sistem, pilih ID Apple, lalu masuk dengan ID Apple Anda yang telah Anda buat sebelumnya. 
  • Di Apple TV: Masuk ke App Store, iTunes Store, atau Apple Music dengan ID Apple Anda yang telah Anda buat sebelumnya. 
  • Di PC: Masuk ke iTunes dengan ID Apple Anda yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Di perangkat Android: Masuk ke Apple Music di Android dengan ID Apple Anda yang telah Anda buat sebelumnya.

 

Itulah dia, langkah-langkah Menghapus iCloud dan Apple ID milik User Sebelumnya. Semoga artikel ini dapat membantu!

Jika langkah-langkah diatas masih belum dapat mengatasi masalah perangkat Anda, ada kemungkinan Anda masalah yang terjadi pada Hardware milik perangkat Anda. Hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda untuk konsultasi lebih lanjut.