Tips dan Trik Menjaga Daya Tahan Baterai Laptop

Tips dan Trik Menjaga Daya Tahan Baterai Laptop

Baterai MacBook A1618.

Pengguna harus mencoba dan memperpanjang baterai mereka selama mungkin. Ada banyak tips dan trik lain yang perlu diketahui untuk memastikan daya tahan baterai untuk waktu yang lama.

 

1. Setiap laptop memiliki layar dengan pengaturan kecerahan yang dapat disesuaikan. Menurunkan kecerahan layar laptop dapat secara signifikan mengurangi penggunaan daya baterai. Cobalah atur kecerahan layar pada tingkat yang masih nyaman untuk mata Anda, tetapi tidak terlalu terang.

 

2. Cobalah untuk meminimalkan penggunaan aplikasi berat pada laptop di bawah 20%. Hal ini karena pada tahap ini, laptop memberikan banyak tekanan pada baterai untuk memastikan semua aplikasi berjalan dengan lancar.

 

3. Pastikan juga Anda tidak mengisi daya laptop melebihi 100% karena hal ini akan sangat merusak kinerja baterai. Selain itu, saat mengisi daya disarankan tidak menggunakan laptop.

 

4. Jika Anda akan mematikan laptop dan tidak menggunakannya selama berbulan-bulan, pastikan Anda mengisi daya baterai hanya setengahnya sebelum mematikannya. Jangan mengisi daya hingga kapasitas penuh, dan jangan biarkan baterai dalam keadaan mati. Selain itu, jauhkan barang tersebut dari sinar matahari langsung dan panas. Hal ini akan memastikan bahwa baterai akan bertahan lebih lama.

 

5. Sistem operasi laptop umumnya memiliki opsi pengaturan daya yang dapat disesuaikan. Anda bisa mengatur laptop untuk masuk ke mode hemat daya atau mode tidur ketika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Ini akan membantu menghemat baterai.

 

6. Suhu yang tinggi dapat mempengaruhi umur baterai laptop. Pastikan laptop Anda memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak terlalu panas. Gunakan laptop di permukaan datar dan keras agar ventilasi tetap baik.

 

Hati-hati untuk barang elektronik baru, jika tidak digunakan lebih dari 1 tahun. Ada kemungkinan baterai akan rusak dengan sendirinya, baterai lithium baru yang mati suri karena dibiarkan terlalu lama tidak dapat dihidupkan kembali.


 

Tips Tambahan:

Bagi Anda yang selalu menggunakan laptop disaat kondisi baterai sedang di charge. Jika ingin menggunakan laptop sambil kondisi charging disarankan untuk menjalankan aplikasi yang ringan saja, kalau laptop menjalankan aplikasi berat disaat kondisi charging akibatnya akan mengkonsumsi power baterai. Yang dimana kalau kondisi baterai masih charging, akan ada double action charging dan memakai baterai di waktu bersamaan yang bisa membuat baterai cepat rusak.

 

Jika anda memiliki masalah dengan perangkat anda, anda bisa menghubungi kami melalui social media kami di Instagram dan Facebook Zapplerepair atau bisa hubungi kami di  021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp.

Anda juga bisa langsung datang ke kantor kami di :

Kantor Pusat : Jl. Jembatan 3 Raya Ruko 11J, Jakarta Utara.

Jakarta Selatan : Jl. Mampang Prapat Raya No. 24C, Jakarta Selatan

Semarang : Jl. Industri 2 LIK No. 80-81, Genuk, Kota Semarang

Semoga artikel ini membantu :)