Cara Memperbarui Baterai yang Bermasalah pada MacBook

Cara Memperbarui Baterai yang Bermasalah pada MacBook

Macbook.

Cara Memperbarui Baterai yang Bermasalah pada MacBook

 

Baterai yang bermasalah dapat menjadi sumber frustrasi bagi pemilik MacBook. Masalah seperti durasi baterai yang pendek, persentase baterai yang tidak akurat, atau bahkan kegagalan pengisian dapat mengganggu produktivitas Anda. Namun, sebelum Anda mengganti baterai MacBook Anda, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda coba untuk "memperbarui" baterai dan memungkinkannya berfungsi lebih baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memperbarui baterai yang bermasalah pada MacBook Anda.

 

 

1. Reset SMC (System Management Controller)

SMC bertanggung jawab atas pengelolaan daya dan fungsionalitas perangkat keras pada MacBook Anda. Dalam beberapa kasus, reset SMC dapat membantu memperbaiki masalah baterai. Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset SMC di MacBook:

  •  Matikan MacBook Anda.
  • Sambungkan adaptor daya ke MacBook dan ke sumber daya listrik.
  • Tekan dan tahan tombol Shift + Control + Option (Alt) dan tombol daya secara bersamaan
  • Lepaskan semua tombol secara bersamaan, kemudian nyalakan MacBook Anda.

 

How to Reset Mac's SMC & PRAM - MacBook Tutorial

 

2. Kalibrasi Ulang Baterai

Kalibrasi ulang baterai dapat membantu memperbaiki persentase baterai yang tidak akurat atau masalah daya lainnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi ulang baterai MacBook:

  • Biarkan baterai MacBook Anda benar-benar terisi penuh melalui adaptor daya.
  • Setelah terisi penuh, biarkan MacBook tetap terhubung ke adaptor daya selama setidaknya dua jam tambahan.
  • Matikan MacBook dan lepaskan adaptor daya.
  • Biarkan MacBook dalam keadaan mati selama minimal lima jam.
  • Setelah lima jam, sambungkan kembali adaptor daya dan nyalakan MacBook Anda.

 

3. Perbarui Perangkat Lunak

Terkadang, masalah baterai dapat terkait dengan perangkat lunak MacBook Anda. Pastikan Anda menjalankan versi terbaru dari macOS yang tersedia untuk perangkat Anda. Anda dapat memeriksa pembaruan perangkat lunak dengan mengklik "Apple Menu" di pojok kiri atas layar, kemudian pilih "About This Mac" dan "Software Update". Jika ada pembaruan yang tersedia, instal pembaruan tersebut dan restart MacBook Anda.

 

4. Periksa Aplikasi yang Menggunakan Daya Baterai Terbanyak

Beberapa aplikasi mungkin menggunakan daya baterai lebih banyak daripada yang Anda sadari. Anda dapat memeriksa penggunaan daya baterai oleh aplikasi melalui menu "Battery" di "System Preferences". Tutup atau keluarkan aplikasi yang menggunakan daya baterai terbanyak untuk meningkatkan masa pakai baterai.

 

5. Ganti Baterai

Jika cara - cara diatas tidak bisa mengatasi masalah Anda, sebaiknya Anda menghubungi Customer Service Apple atau Anda bisa datang ke toko Zapplerepair kami yang terdekat dari tempat Anda. Karena baterai anda sudah dibatas umur pemakaian baterai tersebut dan perlu diingat, meskipun memakai alat MBRT baterai Anda akan tetap lemah dan masalah error di baterai akan muncul lagi

 

Berikut merupakan cara memperbarui baterai yang bermasalah pada MacBook Anda

 

 

Jika anda memiliki masalah dengan perangkat anda, anda bisa menghubungi kami melalui social media kami di Instagram dan Facebook Zapplerepair atau bisa hubungi kami di  021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp.

Anda juga bisa langsung datang ke kantor kami di :

Kantor Pusat : Jl. Jembatan 3 Raya Ruko 11J, Jakarta Utara.

Jakarta Selatan : Jl. Mampang Prapat Raya No. 24C, Jakarta Selatan

Semarang : Jl. Industri 2 LIK No. 80-81, Genuk, Kota Semarang

Semoga artikel ini membantu :)