Tips Membedakan RAM Samsung Ori dan KW

Tips Membedakan RAM Samsung Ori  dan KW

Tips Membedakan RAM Samsung Ori dan KW.

Brand besar termasuk Samsung nyatanya memang tidak dapat dapat terhindar dari oknum-oknum nakal yang berusaha membuat barang tiruan atau KW. Biasanya mereka akan menjual produknya dengan harga miring, sehingga para oknum nakal tersebut tak sedikit berhasil menggaet pembeli. 

Padahal untuk membedakan antara RAM Samsung asli atau Ori dengan RAM Samsung tiruan atau KW sebenarnya cukup mudah. Dari tampilan fisiknya pun jika kita lihat dengan teliti, maka akan nampak beberapa perbedaan. 

Dalam artikel ini akan merangkum bagaimana perbedaan RAM Samsung Ori dengan RAM Samsung KW dari segi fisiknya. Tipe RAM yang kita gunakan pada turorial kali ini adalah tipe DDR3L Sodimm. 

1. Warna Printed Circuit Board (PCB)

RAM Samsung Ori memiliki warna PCB berwarna hijau tua, sedangkan RAM Samsung KW memiliki warna PCB cenderung hijau muda atau bahkan hitam.

2. Label Informasi

Label informasi yang ditempel pada RAM Samsung Ori lebih presisi daripada label informasi yang ditempel pada RAM Samsung Kw bahkan cenderung miring.

3. Finishing

Dari segi finishing, secara keseluruhan RAM Samsung Ori memiliki finishing yang jauh lebih rapi daripada finishing RAM Samsung KW.

4. Ukiran Samsung

RAM Samsung Ori memiliki ukiran bertuliskan “SAMSUNG” bewarna emas sedangkan RAM Samsung KW tidak memiliki ukiran tersebut.

5. Tulisan Made In

Meskipun Samsung berasal dari pabrikan Korea, namun kebanyakan batch yang beraedar di Indonesia adalah Made in China, Vietnam, Philippines. Sedangkan yang RAM Samsung KW cenderung memeri label Made in Korea.

6. Part Number

Jika RAM Samsung Ori maka memiliki part number yang apabila ditelurusi part number tersebut sesuai dengan spesifikasi yang tertera. Sedangkan Samsung KW, jika part numbernya ditelusuri maka hasilnya berbeda biasanya yang muncul spesifikasi jenis lain.

7. Logo Samsung

Dikarenakan semenjak akhir 2015 Samsung sudah berganti logo, maka otomatis Samsung Ori yang dirilis tahun 2016 hingga saat ini sudah memakai logo Samsung yang memiliki tulisan bewarna biru polos bukan lagi logo oval seperti tahun 2015 ke bawah. Namun, perlu diingat bahwa RAM Samsung Ori pun jika rilis ditahun 2014 maka masih memakai logo oval yang lama.