Transfer Data Mac Lama ke Mac Baru dengan Migration Assistant

Transfer Data Mac Lama ke Mac Baru dengan Migration Assistant

Tampilan Migration Assistant di perangkat MacBook..

Jika Anda merasa perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air) Anda sudah terlalu usang dan ingin beralih ke perangkat Mac yang baru, maka Anda perlu memindahkan data-data penting Anda agar bisa diakses dan digunakan kembali di perangkat yang baru.

Lalu bagaimanakah Cara Mudah Memindahkan Data Mac Lama Anda ke Mac yang Baru Menggunakan Migration Assistant? Simak artikel dibawah ini!

Anda dapat menggunakan Migration Assistant untuk membantu Anda memindahkan data-data Anda meliputi dokumen, aplikasi, akun pengguna, pengaturan, dan informasi lainnya dari Mac lama ke Mac yang baru.

 

Migration Assistant dapat berfungsi sebagai penyalin semua file Anda di Mac lama dan memindahkannya ke Mac yang baru sehingga Anda tidak perlu melakukan copy paste file dan informasi secara manual.

Lalu bagaimanakah cara Memindahkan Data Mac Lama Anda ke Mac yang Baru Menggunakan Migration Assistant? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

Langkah-langkah Memindahkan Data Mac Lama Anda ke Mac yang Baru Menggunakan Migration Assistant:

  1. Pastikan Anda telah menginstal semua pembaruan software yang tersedia di kedua perangkat Mac.

Pembaruan yang telah terinstal pada perangkat Mac dapat membantu lanarnya proses transfer atau pemindahan data. Anda dapat memperbarui dan menyamakan versi macOS diantara kedua Mac yang Anda gunakan jika memungkinkan. Direkomendasikan untuk menggunakan setidaknya macOS Sierra atau versi yang lebih baru.

Cara Upgrade Mac ke macOS Sierra:

Apabila Anda ingin melakukan upgrade atau melakukan install operating system Mac Anda ke macOS Sierra, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan :

  1. Model Mac dan versi OS X sebelumnya yang kompatibel :
  • iMac (akhir 2009, atau yang lebih baru)
  • MacBook (akhir 2009, atau yang lebih baru)
  • MacBook Pro (pertengahan 2010, atau yang lebih baru)
  • MacBook Air (akhir 2010, atau yang lebih baru)
  • Mac Mini MacBook Pro (pertengahan 2010, atau yang lebih baru)
  • Mac Pro (pertengahan 2010, atau yang lebih baru)
  • OS X El Capitan 10.11
  • OS X Yosemite 10.10
  • OS X Mavericks 10.9
  • OS X Mountain Lion 10.8
  • OS X Lion 10.7
  1. Tersedia kapasitas memori sebesar 2 GB dan kapasitas ruang penyimpanan kosong sebesar 8,8 GB.
  2. Backup data Anda untuk mencegah kehilangan data apabila terjadi kendala dalam proses instalasi, Anda bisa melakukan backup data dengan menggunakan bantuan Time Machine, Dropbox, maupun Anda juga dapat mencadangkan data secara manual dengan menggunakan bantuan hard drive eksternal. Lalu bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan berikut ini!

Berikut adalah cara backup data menggunakan Time Machine :

  1. Siapkan harddisk eksternal, lalu sambungkan perangkat Mac ke USB. Setelahnya, akan muncul notifikasi pada device Anda bahwa Time Machine ingin menggunakan keseluruhan harddisk ini.
  2. Apabila Anda tidak ingin membuat keseluruhan harddisk untuk Time Machine, maka buatlah partisi khusus untuk Time Machine.
  3. Untuk membuat partisi khusus Time Machine, buatlah partisi di menu Disk Utility.
  4. Atur ukuran partisi minimal sebesarl 500 GB (atau dapat juga disamakan sesuai dengan ukuran SSD yang digunakan), lalu beri nama "Time Machine".
  5. Buka Time Machine : Apple > System Preferences > Time Machine > klik Select Backup Disk > Pilih partisi harddisk yang telah dibuat sebelumnya, klik Use Disk > Time Machine akan memulai proses backup.

Perlu diingat bahwa proses backup ini pada umumnya akan memakan waktu yang relatif lama. Waktu yang dibutuhkan untuk mem-backup data tergantung oleh besarnya keseluruhan file dan kecepatan transfer data. 

  1. Update semua aplikasi yang telah terpasang di perangkat Mac Anda dari App Store. Periksa pembaruan yang tersedia dengan membuka App Store > Updates > klik Updates All.
  2. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan Mac dalam keadaan di-charge, karena proses instalasi akan memakan waktu sekitar 40 menit hingga 1,5 jam tergantung pada kestabilan koneksi. Jika Anda tidak memiliki koneksi WiFi, Anda dapat menyiapkan kuota data sebesar setidaknya 5 GB.

 

Jika Anda telah melakukan semua persiapan di atas, di bawah ini Zapplerepair akan membahas bagaimana cara untuk upgrade Mac ke macOS Sierra.

  1. Update Install. Dalam proses ini, Anda tidak akan kehilangan pengaturan, aplikasi, dan data yang sebelumnya telah disimpan.

- Secara otomatis, dengan mengaktifkan pengaturan download otomatis di preferensi.

- Lewat notifikasi, dengan memilih opsi Restart untuk melakukan update. Untuk mengaktifkan notifikasi, dapat dengan membuka System Preference > App Store > Klik kotak centang di opsi "Periksa pembaruan secara otomatis".

- Dengan menu Apple, klik Apple > About this Mac > pada bagian keterangan, akan ada beberapa update yang dapat langsung didownload.

- Melalui Dock, secara default Mac App Store akan ditampilkan disana. Untuk melakukan update, cukup klik ikon App Store > buka tab Pembaruan/Update dalam App Store.

- Melalui Launchpad, klik ikon Mac App Store, lalu selanjutnya Anda dapat melakukan install update macOS Sierra yang terbaru.

  1. Clean Install. Dalam proses ini semua data Anda akan hilang dan semua pengaturan di reset ke default.

- Pastikan data sudah di backup.

- Lakukan log out semua akun yang ada di App Store dan iCloud, juga pada pengaturan Find My Mac.

- Buat bootable installer untuk macOS Sierra di USB Flash Drive

Cara membuat bootable installer macOS Sierra :

a. Hubungkan sebuah USB Flash Drive yang sudah berisi bootable installer macOS Sierra ke perangkat Mac. Jika Anda belum memiliki file bootable installer nya, Anda bisa mengunduhnya  disini.

b. Shutdown, lalu nyalakan kembali perangkat Mac Anda. Lalu saat proses booting sedang berjalan, tekan dan tahan tombol Option.

c. Pilih opsi Install macOS Sierra, lalu tekan Enter.

d. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Kemduian pada macOS Utilities, pilih Disk Utility.

e. Pada tampilan isi dari Disk Utility, pilih partisi internal (Macintosh HD) lalu klik tombol Erase di bagian atas.

f. Pilih format Mac OS Extended (Journaled), beri nama sesuai keinginan, lalu klik Erase.

g. Tutup tab Disk Utility, lalu pada menu macOS Utilities lanjutkan dengan memilih Install macOS > Continue.

h. Pilih partisi yang sudah di Erase tadi, tunggu hingga proses selesai.

i. Isi data yang diminta oleh sistem seperti zona waktu, lokasi, pengaturan iCloud dan Siri.

j. macOS Sierra selesai di install dan Mac siap digunakan!

  1. Sesuaikan perangkat Anda berdasarkan sistem operasinya.

Jika kedua Mac menggunakan macOS Sierra atau versi yang lebih baru, dekatkan posisi kedua perangkat Mac dan nyalakan Wi-Fi di masing-masing perangkat. Namun jika salah satu perangkat Mac atau mungkin keduanya menggunakan OS X El Capitan atau versi lebih lama, pastikan keduanya tersambung ke jaringan yang sama.

  1. Sekarang siapkan pengaturan di Mac Anda lama.

Pilih Menu Apple > Preferensi Sistem, lalu klik Berbagi. Kemudian pastikan ada nama yang muncul di bidang Nama Komputer.

  1. Selanjutnya, siapkan Migration Assistant di Mac Baru Anda.

  • Buka Migration Assistant, yang terdapat dalam folder Utilities pada folder Applications. Kemudian lanjutkan dengan klik Continue.
  • Apabila sistem memunculkan pertanyaan mengenai metode yang akan digunakan untuk mentransfer data, pilihlah opsi berikut: “Mentransfer dari Mac, cadangan Time Machine, atau startup disk”. Kemudian klik Lanjutkan.
  1. Kembali ke Mac lama Anda.

Kemudian pada Mac lama Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Migration Assistant, lalu klik Continue.
  • Apabila sistem memunculkan pertanyaan mengenai metode yang akan digunakan untuk mentransfer data, pilihlah opsi mentransfer ke Mac lain. Kemudian klik Continue.

 

  1. Kembali lagi ke Mac Baru Anda.

Saat sistem meminta Anda untuk memilih diantara opsi “Mac, cadangan Time Machine, atau startup disk lainnya”, lanjutkan dengan memilih opsi Mac lainnya. Kemudian klik Continue.

  1. Lalu di Mac Lama Anda,

Jika sistem memunculkan sebuah layar menampilkan kode keamanan, pastikan kode tersebut sama dengan yang ditampilkan di layar Mac baru Anda. Apabila telah Anda pastikan, lanjutkan dengan klik Continue.

  1. Dan beberapa langkah terakhir untuk Mac baru Anda,

  • Pastikan Mac baru Anda menggunakan nama pengguna yang berbeda dari Mac Anda yang lama.
  • Pilih data yang Anda ingin transfer atau pindahkan.
  • Klik Lanjutkan untuk memulai transfer. Data berukuran besar mungkin cenderung membutuhkan waktu selama beberapa menit hingga jam hingga selesai.
  • Setelah proses di Migration Assistant di Mac lama Anda selesai, masuk ke akun yang digunakan untuk migrasi file ke Mac baru Anda untuk mengakses file yang telah berhasil ditransfer.

 

Apabila terjadi error ketika proses transfer data sedang berlangsung

Lalu, apabila terjadi error atau kesalahan ditengah-tengah proses transfer data, simak cara atau langkah-langkah mengatasinya dibawah ini!

  1. Lakukan Reset PRAM atau NVRAM pada perangkat Mac

Jika perangkat Mac Anda mengalami masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh reinstall macOS, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan reset NVRAM pada perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air). Beberapa masalah pada perangkat Mac bisa diselesaikan dengan cara reset NVRAM atau reset PRAM jika proses reset macOS gagal.

 

Lalu bagaimana cara melakukan Reset PRAM atau NVRAM pada Perangkat Mac? Mari kita simak langkah-langkah di bawah ini!

  1. Shut down terlebih dahulu perangkat Mac Anda. Lalu tunggu selama beberapa saat dan jangan langsung menyalakan perangkat Mac tersebut.
  2. Setelah itu, nyalakan perangkat Mac Anda.
  3. Sebelum muncul logo Apple, tekan dan tahan tombol Command (⌘), tombol Option, tombol huruf P, dan tombol huruf R ketika Anda mendengar suara booting.
  4. Tetap tahan tombol-tombol tersebut sampai kemudian Mac melakukan restart. Tunggu Mac untuk melakukan restart kedua kalinya maka Anda akan mendengar suara boot yang kedua.
  5. Lepaskan tombol-tombol tersebut dan tunggu hingga booting selesai lalu Mac akan memulai login ke desktop.

Sebagai catatan, beberapa informasi seperti tampilan layar desktop, jam, volume speaker, dan lain-lain akan berubah dari keadaan semula. Anda bisa mengubahnya seperti semula setelah proses reset NVRAM ini berhasil.

  1. Lakukan Reset SMC pada perangkat Mac

SMC adalah sebuah micro controller di setiap logicboard pada perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air) yang berfungsi sebagai pengontrol daya perangkat Mac. SMC mengendalikan beberapa fungsi seperti pengelolaan daya dan pengatur suhu, pengatur sleep mode pada LCD, dan pengelola baterai.

Reset SMC biasanya dilakukan ketika perangkat Mac mengalami masalah atau trouble yang tidak bisa diperbaiki dengan cara biasa seperti hard reset atau force shutdown.

 

Lalu bagaimana Cara Melakukan Reset SMC pada Perangkat Mac? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Reset SMC Perangkat MacBook dengan Baterai Removable atau dapat Dilepas

  1. Shut down perangkat MacBook Anda terlebih dahulu.
  2. Lepaskan Magsafe dari MacBook apabila posisi perangkatnya masih dalam keadaan charging atau mengisi daya.
  3. Lepaskan baterai dengan perlahan dan hati-hati.
  4. Tekan tombol Power MacBook Anda selama kurang lebih 5 detik.
  5. Pasang kembali baterai MacBook Anda dan sambungkan kembali adaptor Magsafe ke perangkat.
  6. Nyalakan kembali MacBook Anda.
  7. Biarkan perangkat MacBook Anda selama sekitar beberapa menit sebelum digunakan dengan tujuan untuk menyelesaikan dan menuntaskan proses reset SMC.

Cara Reset SMC Perangkat MacBook dengan Baterai Unremovable atau Tidak dapat Dilepas

  1. Shut down perangkat MacBook Anda terlebih dahulu.
  2. Lepaskan Magsafe dari MacBook apabila posisi perangkatnya masih dalam keadaan charging atau mengisi daya.
  3. Gunakan keyboard internal untuk menekan tombol Shift + Control + Option, lalu tekan tombol Power bersamaan. Tahan tombol-tombol tersebut tadi selama kurang lebih 10 detik.
  4. Setekah itu, lepaskan jari Anda dari tombol-tombol tersebut dan tunggu beberapa saat.
  5. Sambungkan kembali adaptor Magsafe ke MacBook Anda.
  6. Nyalakan kembali perangkat MacBook Anda.
  7. Biarkan perangkat MacBook Anda selama sekitar beberapa menit sebelum digunakan dengan tujuan untuk menyelesaikan dan menuntaskan proses reset SMC.

Cara Reset SMC di Perangkat Mac Desktop (iMac, Mac Pro, dan Mac Mini)

1. Shut down perangkat Mac Desktop Anda terlebih dahulu.

2. Lepaskan kabel power yang terhubung ke Mac Desktop.

3. Tunggu selama kurang lebih 15 sampai 20 detik.

4. Sambungkan kembali ke kabel power dan tunggu selama beberapa saat sebelum dinyalakan.

5. Kemudian nyalakan kembali perangkat Mac Desktop Anda.

6. Biarkan perangkat Mac Desktop Anda selama sekitar beberapa menit sebelum digunakan dengan tujuan untuk menyelesaikan dan menuntaskan proses reset SMC.

Itulah langkah-langkah Reset SMC pada Perangkat Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air). Semoga artikel ini dapat membantu!

 

Demikianlah artikel berisi penjelasan mengenai langkah-langkah dari Cara Mudah Memindahkan Data Mac Lama Anda ke Mac yang Baru Menggunakan Migration Assistant. Semoga artikel ini dapat membantu!

Jika Anda memiliki kesulitan atau masalah saat melakukan langkah-langkah diatas, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!