Mengatasi Masalah Bugs/Error MacOS Big Sur pada MacBook

Mengatasi Masalah Bugs/Error MacOS Big Sur pada MacBook

Bugs/error yang sering terjadi pada MacBook dengan sistem operasi macOS Big Sur.

macOS Big Sur adalah rilis utama macOS ke-17, sistem operasi Apple Inc. untuk perangkat komputer Macintosh, dan merupakan penerus macOS Catalina. macOS Big Sur diluncurkan pada 12 November 2020. Tentunya salah satu sistem operasi ini tidak akan luput dari adanya masalah atau issues seperti yang sering ditemui di perangkat laptop lain kebanyakan. Masalah error atau bugs adalah yang paling sering ditemui pengguna perangkat MacBook dengan macOS Big Sur sebagai sistem operasinya. Hal ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan para pengguna macOS Big Sur dengan perangkat mereka.

Di artikel kali ini, Zapplerepair akan membahas bagaimana, sih, cara mengatasi masalah bugs atau error yang terjadi di device MacBook Anda yang menggunakan macOS Big Sur sebagai sistem operasinya? Mari kita simak artikel dibawah ini!

Nah, jika device MacBook, MacBook Air, atau MacBook Pro Anda menggunakan macOS Big Sur sebagai sistem operasinya, dan Anda menemui bug atau error ketika memakainya, kami sarankan Anda untuk melakukan install ulang sistem operasi ke macOS versi sebelumnya, yakni macOS Mojave atau macOS Catalina.

Lalu bagaimana, ya, cara melakukannya?

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu melakukan instalasil ulang macOS Catalina tanpa menggunakan flashdisk ataupun dengan menggunakan bantuan media flashdisk. Berikut kami uraikan langkah-langkahnya :

 

Langkah-langkah install ulang macOS Catalina tanpa flashdisk

 

  1. Periksa apakah perangkat Anda kompatibel

Sebelum Anda mengunduh dan melakukan instalasi sistem operasi macOS Catalina, Anda harus memastikan bahwa perangkat Mac atau MacBook yang akan Anda gunakan untuk melakukan instalasi ulang sistem operasi dapat menjalankan perangkat lunak terbaru tersebut, atau bisa kita sebut dengan istilah kompatibel.

Berita baiknya adalah jika Anda memiliki macOS  versi 10.14 Mojave yang dapat diinstall pada perangkat Mac atau MacBook Anda, maka perangkat Anda akan dapat menjalankan macOS 10.15 Catalina.

Berikut daftar lengkap perangkat Apple Macintosh yang kompatibel dengan macOS versi Catalina:

  • MacBook 12 inchi (2015 dan atau versi yang lebih baru)
  • MacBook Air (2012 atau versi yang lebih baru)
  • MacBook Pro (2012 dan atau versi yang lebih baru)
  • Mac mini (2012 dan atau versi yang lebih baru)
  • iMac (2012 dan atau versi yang lebih baru)
  • iMac Pro (2017)
  • Mac Pro (2013 dan atau versi yang lebih baru)

 

  1. Lakukan backup data perangkat Mac Anda sebelum melakukan downgrade ke macOS Catalina

Setiap kali Anda berencana pindah ke sistem operasi yang baru, kami sangat menyarankan untuk melakukan pencadangan data atau melakukan backup file yang ada di perangkat Mac Anda. Hal ini dilakukan karena apabila terjadi suatu kesalahan dalam proses, Anda dapat dengan mudah mengembalikan ke format awal perangkat tersebut sebelumnya beserta file penting yang ada di dalamnya.

Jadi sebelum Anda mengunduh dan melakukan instalasi macOS Catalina, pastikan data-data Anda di perangkat Mac Anda sudah di backup.

Jika Anda berniat untuk melakukan install ulang pada device Apple, maka Anda wajib mengetahui cara untuk backup data di Time Machine. Apa itu Time Machine? Time Machine adalah fitur bawaan Apple yang ada di dalam Mac OS X atau Mac OS. Fitur ini bisa diakses lewat spotlight, launchpad, dan system preference. Time Machine berfungsi untuk mencadangkan seluruh data diantaranya file lokal sampai dengan cadangan seluruh sistem.

Berikut adalah cara backup data menggunakan Time Machine :

1) Siapkan harddisk eksternal, lalu sambungkan perangkat Mac ke USB. Setelahnya, akan muncul notifikasi pada device Anda bahwa Time Machine ingin menggunakan keseluruhan harddisk ini.

2) Apabila Anda tidak ingin membuat keseluruhan harddisk untuk Time Machine, maka buatlah partisi khusus untuk Time Machine.

3) Untuk membuat partisi khusus Time Machine, buatlah partisi di menu Disk Utility.

4) Atur ukuran partisi minimal 500 GB (atau disamakan sesuai dengan ukuran SSD nya), lalu beri nama "Time Machine".

5) Buka Time Machine : Apple > System Preferences > Time Machine > klik Select Backup Disk > Pilih partisi harddisk yang telah dibuat sebelumnya, klik Use Disk > Time Machine akan memulai proses backup.

Perlu diingat bahwa proses backup ini pada umumnya akan memakan waktu yang relatif lama. Waktu yang dibutuhkan untuk mem-backup data tergantung oleh besarnya keseluruhan file dan kecepatan transfer data. 

 

  1. Unduh macOS 10.15 Catalina dari App Store

Anda dapat mengunduh dan melakukan instalasi macOS versi Catalina dari App Store di perangkat Mac Anda. Buka App Store dalam versi macOS Anda saat ini, lalu cari macOS Catalina.

Klik tombol untuk memulai proses instalasi, dan ketika sebuah jendela muncul, klik “Next” untuk memulai proses.

Anda juga dapat mengunjungi situs web macOS Catalina, yang menampilkan tautan unduhan untuk melakukan instalasi perangkat lunak ke perangkat yang kompatibel. Ini akan mengunduh macOS Catalina ke folder Aplikasi Anda. Setelah selesai, penginstal akan terbuka, dan Anda dapat mengikuti petunjuk di layar untuk melakukan instalasi macOS Catalina di Mac Anda.

 

  1. Lalu bagaimana jika disk tidak terdeteksi oleh Disk Utility

Disk Utility dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki kesalahan yang terkait dengan pemformatan dan struktur direktori disk pada Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, Macbook, Macbook Pro, Macbook Air). Kesalahan disk dapat menyebabkan terjadinya sebuah error yang tidak terduga saat menggunakan Mac.

Jika Anda tidak dapat melihat disk Anda pada Disk Utility, Disk Utility juga tidak akan menampilkan container ataupun volume pada disk tersebut. Untuk mengatasi kesalahan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Sebelum melanjutkan, pastikan Anda sudah mencadangkan data penting Anda untuk berjaga-jaga jika Anda perlu memulihkan file yang rusak atau Disk Utility menemukan kesalahan yang tidak dapat diperbaiki.

Lalu bagaimana cara Mengatasi Disk Tidak Muncul pada Disk Utility Mac? Simak langkah-langkahnya dibawah ini!

 

1. Yang pertama adalah matikan terlebih dahulu perangkat Mac Anda, lalu lepas semua perangkat periferal yang tersambung pada Mac.

2. Jika Anda sedang memperbaiki drive eksternal, pastikan drive tersebut terhubung langsung ke Mac menggunakan kabel yang berfungsi dengan baik. Setelah itu, matikan drive dan nyalakan kembali.

3. Jika disk masih tidak muncul di Disk Utility, Mac Anda mungkin perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh teknisi. Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut dengan Zapplerepair melalui WhatsApp kami di 0877-8885-5868.

Itulah langkah-langkah Mengatasi Disk Tidak Muncul pada Disk Utility Mac. Untuk melanjutkan proses penginstalan, ikuti langkah-langkah dibawah ini!


 

Langkah-langkah install ulang macOS Catalina menggunakan flashdisk

  1. Cek Kompatibilitas Sistem

MacOS Catalina memiliki syarat kompatibilitas sistem bagi perangkat komputer Macintosh yang akan menggunakan sistem operasi terbaru ini. Namun, jika sebelumnya Anda adalah pengguna OS X Mavericks atau versi sampai macOs Mojave akan dijamin pasti tidak akan terjadi masalah kompatibilitas untuk melakukan upgrade ke macOS versi Catalina. Lalu apa saja syarat-syarat kompatibilitas sistem untuk menginstal macOS Catalina pada perangkat Mac?

Berikut uraian syarat-syarat untuk bisa melakukan upgrade atau instalasi sistem opersi ke macOS Catalina:

  • Kapasitas RAM minimum yang dibutuhkan sebesar 4 GB.
  • Kapasitas Harddisk minimum yang dibutuhkan adalah sebesar 12,5 GB, atau 18,5 GB jika melakukan upgrade dari OS X Yosemite atau versi yang lebih lama.
  • Pastikan model perangkat Mac yang digunakan support atau mendukung. Berikut kami sediakan daftar perangkat Mac yang upport atau mendukung :
  • iMac: Late 2012 atau yang terbaru
  • iMac Pro
  • Mac Pro: Late 2013 atau yang terbaru
  • Mac Mini: Late 2012 atau yang terbaru
  • MacBook: Early 2015 atau yang terbaru
  • MacBook Air: Mid 2012 atau yang terbaru
  • MacBook Pro: Mid 2012 atau yang terbaru

Jika perangkat Anda sesuai dengan syarat-syarat kompabilitas diatas, Anda bisa lanjut mengikuti panduan kami di bawah ini untuk melakukan proses instalasi macOS Catalina.

  1. Membuat Bootable Flashdisk

Pertama-tama, Anda membutuhkan sebuah flashdisk atau flshdrive bootable yang telah berisi macOS Catalina di dalamnya.

Cara booting dengan flashdisk :

  1. Pastikan Anda telah men-shutdown komputer Mac Anda, kemudian selagi menunggu menyala kembali, tekan tombol Option pada keyboard agar Anda bisa memilih disk mana yang akan Anda gunakan untuk booting. Kemudian dalam hal ini yang akan kita pilih adalah flashdisk atau flashdrive.
  2. Gunakan tombol panah untuk memilih disk yang digunakan, kemudian tekan tombol Enter untuk melanjutkan.
  3. Tunggu hingga layar memunculkan jendela "macOS Utilities". Jika Mac Anda punya 2 akun Admin, maka Anda dapat memilih salah satu akun, setelah itu masukkan password untuk melanjutkan proses selanjutnya.

 

  1. Mempersiapkan disk yang akan digunakan untuk sistem

Pada tahap ini kita Akan mempersiapkan disk yang akan kita pakai sebagai tempat meletakkan atau menyimpan sistem macOS. Pilih Disk Utility dengan menekan tombol panah bawah pada keyboard.

  1. Tampilkan jendela "Disk Utility" yang berada di folder Aplikasi.
  2. Pilih salah satu disk yang ingin Anda gunakan.
  3. Selanjutnya pada disk yang telah Anda pilih, klik menu "Erase". Untuk "Name" bisa diisikan apa saja, namun untuk "Format" anda harus mengisikan "APFS". Jika sudah, klik tombol Erase.
  4. Tunggu hingga proses selesai. Jika proses sudah selesai, klik Done untuk menutup.
  5. Setelah semua proses selesai, tutup jendela menu Disk Utility dengan mengklik tombol close (X) di sudut kiri untuk kembali ke menu "macOS Utilities".
  6. Selanjutnya pilih "Install macOS".
  7. Sistem akan segera memulai proses instalasi macOS dan prosesnya akan muncul jendela awal ketika proses instalasi dimulai.
  8. Kemudian Klik "Continue" untuk melanjutkan.
  9. Berikutnya klik "Agree" untuk persetujuan lisensi software.
  10. Klik "Agree" sekali lagi untuk menutup jendela pop up.
  11. Pastikan untuk memilih disk yang sudah disiapkan sebelumnya. Klik "Install" untuk memulai proses instalasi. Proses instalasi ini akan berjalan dengan beberapa kali reboot.
  12. Set Up macOS di tahap terakhir dari instalasi adalah melakukan set up Mac.
  13. Kemudian pilih bahasa yang anda inginkan dari daftar negara, klik "Continue".
  14. Berikutnya pada pengaturan bahasa dan input masukan berupa teks dan suara, langsung saja klik "Continue" jika Anda merasa tidak ada yang perlu diubah.
  15. Klik saja "Continue" untuk melanjutkan pada bagian "Data & Privacy". Apakah anda memiliki data informasi yang bisa ditransfer ke Mac anda? Jika tidak pilih saja opsi "Don’t transfer any information now", kemudian klik "Continue".
  16. Kemudian kita akan dihadapkan pada jendela "Terms and Conditions", lanjutkan dengan mengklik "Agree".
  17. Klik "Agree" sekali lagi untuk menyetujui jendela selanjutnya.
  18. Dan selanjutnya kita akan menginput informasi akun kita berupa nama dan password. Akun ini akan kita pakai untuk login dan akses pada file-file sistem perangkat.
  19. Pada "Express Set Up", klik saja "Continue" jika tidak ada yang ingin Anda atur secara custom. Pengaturan ini bisa Anda lakukan atau diubah kapan saja.
  20. Pada bagian "Analytics", ceklis bersifat opsional, klik "Continue" untuk melanjutkan.
  21. Klik saja "Continue" untuk bagian "Screen Time".
  22. Pada bagian "Choose Your Look", pilih tema yang anda inginkan, Anda dapat memilih opsi dark, light, atau auto yang bisa otomatis berubah bergantung pada waktu siang dan malam. Klik "Continue" jika sudah selesai memilih.
  23. Selanjutnya, tahap ini sudah selesai! Anda sudah berhasil men setup Mac anda, dan perangkat sudah siap untuk anda gunakan. Selamat datang di desktop Catalina!

Setelah melakukan set up perangkat MacBook Anda, saatnya melakukan pemulihan data dan informasi yang sebelumnya telah di-backup menggunakan Time Machine. Lalu bagaimana caranya? Simak langkah-langkah dibawah ini!

  1. Memulihkan data yang telah di-backup menggunakan Time Machine

Jika Anda memerlukan pemulihan data dari pencadangan menggunakan Time Machine. Anda bisa menggunakan bantuan Migration Assistant untuk memulihkan file pribadi, termasuk aplikasi dan seluruh informasi yang ada di akun pengguna yang sebelumnya sudah di-backup menggunakan Time Machine.

Lalu bagaimana cara Memulihkan Cadangan Mac dari Time Machine Menggunakan Migration Assistant? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

1. Pastikan bahwa perangkat Mac Anda tidak membutuhkan install ulang. Apabila Mac Anda memerlukan install ulang, baca artikel berikut ini, Cara Menginstal Ulang Software Mac OSX baru di Mac Anda

2. Pastikan disk cadangan Time Machine tersambung ke perangkat Mac dan dinyalakan.

3. Buka Migration Assistant di perangkat Mac. Aplikasi tersebut terdapat di folder Utilities pada folder Applications.

4. Apabila muncul pertanyaan mengenai cara untuk mentransfer data, pilihlah opsi berikut: mentransfer dari Mac, cadangan Time Machine, atau startup disk. Kemudian klik Lanjutkan.

5. Pilih cadangan Time Machine, lalu klik Lanjutkan.

6. Pilih cadangan, lalu klik Lanjutkan.

7. Pilih data yang Anda ingin pulihkan.

8. Klik Lanjutkan untuk memulai pemulihan. Pemulihan file berukuran besar mungkin membutuhkan beberapa jam hingga selesai.

 

Itulah langkah-langkah dari Memulihkan Cadangan Mac dari Time Machine Menggunakan Migration Assistant. Sekarang perangkat MacBook Anda dengan sistem operasi baru yaitu macOS Catalina sudah siap digunakan tanpa error dan bugs!

 

Tips : Anda kemungkinan akan diminta masuk dengan nama administrator dan kata sandi selama proses instalasi berlangsung, jadi pastikan Anda hafal informasi akun administrator Mac Anda.

 

Itulah langkah-langkah dari Solusi Mengatasi Masalah Bugs/Error MacOS Big Sur pada MacBook. Semoga artikel ini membantu!

Jika Anda memiliki masalah saat mengikuti langkah-langkah diatas, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!

 

Sekian tips dari Zapplerepair, Sampai jumpa di artikel berikutnya!