Cara Membedakan Kabel Ligtning Apple Original dengan yang KW

Cara Membedakan Kabel Ligtning Apple Original dengan yang KW

Kabel Ligtning Apple Original.

Ada beberapa ciri charger iPhone original yang bisa kamu pahami agar terhindar dari pembelian charger palsu yang membahayakan. Simak infonya berikut ini!

1. Terdapat Tulisan Khusus

Logo MFi bertuliskan Made for iPhone, pada kabel lightning ke USB terdapat tulisan “Designed by Apple in California”, “Assembled in China”, “Assembled in Vietnam”, atau “Industria Brasileira”. Kemudian ada nomor seri 12 digit setelahnya. Sedangkan untuk adaptor charger atau kepala charger, terdapat tulisan “Designed by Apple in California”, dan “Made in China” atau “Made in California”, atau “Made in Vietnam”. Hal ini berbeda dengan ciri charger iPhone palsu yang menghapus tulisan “Apple” yang biasanya ditujukan untuk menghindari hukum penggunaan nama merk dagang.

2. Kabel Lightning Berwarna Emas dan Halus

Ciri charger iPhone original lainnya adalah kabel lightning ke USB memiliki garis-garis emas yang utuh, halus jika diraba, dan lembar kontak yang juga berwarna keemasan atau perak.

Sementara garis-garis emas pada charger iPhone palsu berwarna emas yang pudar atau perak, dengan ukuran yang tidak konsisten dan timbul jika diraba. Kemudian lembar kontak yang berbentuk kotak dan permukaan yang timbul pula.

3. Ukuran Charger Konsisten

Ukuran juga bisa menjadi ciri charger iPhone original, yang mana ukurannya konsisten di angka 7,7 milimeter x 12 milimeter. Sisipan faceplate berwarna metalik atau abu-abu.

Charger iPhone palsu memiliki ukuran yang berbeda, tidak konsisten, dan warna sisipan faceplate hitam atau putih. Sangat berbeda, bukan?

4. Ujung Konektor USB Memiliki Ciri Khas

Ujung konektor yang menghubungkan kabel dengan adaptor charger memiliki trapezoid interlock berupa garis putus-putus yang berjarak sama. Ini menandakan bahwa charger tersebut asli. Sedangkan yang palsu, garisnya memiliki jarak yang tidak konsisten lempeng kontak yan warna perak bukan emas, dan permukaan yang kasar.

Ini bisa diketahui dengan pengecekan secara detail, dan proses memasukkan ujung konektor ke adaptor yang agak sulit.

5. Simbol USB Tidak Timbul

Pada bagian adaptor lightning, pasti akan ada ciri charger iPhone original yakni simbol USB. Nah, simbol pada charger asli bersifat halus, tidak timbul, dan tidak mudah hilang karena bergrafir laser yang jelas. Ini juga sama dengan gambar ikon untuk koneksi dock 30 pin yang ber grafir laser anti-pudar.

 

6. Bobot Charger Lebih Berat

Ciri charger iPhone original selanjutnya adalah soal bobot charger. Charger iPhone asli memiliki bobot sekitar 250 gram, lebih berat dibandingkan charger palsu yang biasanya memiliki berat 200 gram.

 

7. Harga Sesuai Toko Resmi

Selain mengamai tanda-tanda pada komponen charger, ciri charger iPhone original yang paling mudah dikenali adalah harganya. Jika harga jual charger itu sesuai dengan toko resmi iPhone atau di iBox, maka sangat masuk akal jika charger itu asli.

Berdasarkan situs resmi Apple, kabel charger tipe lama dijual dengan harga USD25 atau sekitar Rp350.000, kemudian harga adapter USD19 sampai USD30 atau sekitar Rp266.000 sampai Rp420.000. sedangkan harga charger original tipe USB-C seharga USD40 sampai USD45 atau Rp560.000 sampai Rp630.000.

 

8. Charger Tahan Dipakai

Nah, jika kamu sudah mengamati tanda-tanda pada segala bagian komponen dan membeli dengan harga yang tak terlampau murah, maka ciri charger original yang terakhir adalah keawetannya. Charger asli pasti tahan lama, tidak menimbulkan kerusakan maupun gangguan saat dipakai. 

Jika anda memiliki masalah dengan perangkat anda, anda bisa menghubungi kami melalui social media kami di Instagram dan Facebook Zapplerepair atau bisa hubungi kami di  021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp.

Anda juga bisa langsung datang ke kantor kami di :

Kantor Pusat : Jl. Jembatan 3 Raya Ruko 11J, Jakarta Utara.

Jakarta Selatan : Jl. Mampang Prapat Raya No. 24C, Jakarta Selatan

Semarang : Jl. Industri 2 LIK No. 80-81, Genuk, Kota Semarang

Semoga artikel ini membantu :)

 

BACA JUGA : Tips Merawat Kabel Charger Iphone dan ipad