Tips Merawat Kabel Charger Iphone dan ipad

Tips Merawat Kabel Charger Iphone dan ipad

Charger Iphone.

Kamu tidak mau kan membeli charger iphone baru terus? Maka dari itu kamu harus menyimpan dan menggunakannya dengan cara yang tepat. Nah untuk cara merawat charger iphone, kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Pakai Charger Dengan Benar

Ketika kamu mengisi baterai iPhone, pastikan kamu menancapkan kepala charger dan ujung usb dengan benar. Lalu jangan pernah mencabut kabel charger dengan menarik tali kabelnya, hal itu bisa mengakibatkan kabel putus atau merusak komponen bagian dalam kabel.

Biasakanlah mencabut kabel dengan menarik kepala adaptornya, sehingga memperkecil kemungkinan rusak atau putus.

 

2. Gunakan pelindung

Agar kabel charger iphone kamu tidak mudah robek atau putus, kamu bisa menggunakan beberapa alat pelindung seperti :

  • Menyelipkan per pulpen ke bagian ujung kabel
    Untuk mengatasi kerusakan yang biasanya cepat terjadi di bagian dekat konektor, kamu bisa menggunakan per pulpen bekas. Cara memasang per pulpen agar bisa melindungi kabel charger iPhone kamu bisa kamu lakukan dengan regangkan per pulpen agar ukurannya pas saat dipasangkan ke sudut kabel. Kemudian secara perlahan, masukan per pulpen ke kabel charger iPhone sambil digulung dan pastikan semua per telah menutupi permukaan kabel.
  •  Gulung permukaan kabel pakai benang wol
    Kamu juga bisa menutupi permukaan kabel charger iPhone pakai benang wol warna-warni. Pilih benang wol yang cukup tebal agar kabel tidak cepat mengelupas. Cara merawat charger iphone bisa kamu lakukan dengan melilitkan benang wol dari ujung kabel ke ujung lainnya. Pastikan lilitan benang wol rapat hingga menutup sempurna.
  •  Pakai cable protector
    Agar lebih praktis, kamu bisa melindungi kabel charger iPhone agar tetap awet dengan menggunakan cable protector. Kamu tinggal memasangkannya ke kabel charger iPhone kamu. Kelebihan kalau pakai cable protector ini selain melindungi juga bisa dilepas pasang dengan mudah. Tanpa lem atau perekat yang mengganggu.

 

3. Lepas charger dari colokan listrik ketika tidak dipakai

Jangan tinggalkan charger tercolok ke listrik ya karena hal itu tidak baik untuk keawetan kabel charger dan adapter iPhone kamu. Usahakan agar sehabis mengisi daya iPhone kamu, segera cabut charger dari colokan listrik, agar kabel charger tidak cepat rusak.

 

4. Gulung charger iphone dengan benar

Kamu harus membiasakan untuk menggulung kabel charger iPhone dengan benar. Yaitu dengan cara menggulung dengan sudut 45 – 60 derajat. Maksudnya adalah, gulung kabel charger iPhone dengan tidak terlalu ketat, sehingga komponen di balik pelapis karetnya tidak tertekuk.

Jangan sekali-sekali melipat kabel charger, karena hal itu bisa mengakibatkan susunan komponen halus di dalam kabel charger putus dan rusak.

 

5. Simpan Charger Dengan Baik

Selain menggulung charger iphone dengan benar kamu juga harus menyimpannya dengan benar ketika kamu sudah selesai menggunakan charger untuk mengisi baterai iPhone. Kamu sebaiknya menyimpan charger di tempat yang kering dan terhindar dari debu.

Itulah cara merawat charger iphone yang bisa kamu lakukan agar charger iphone kamu awet. Selain itu, kamu juga disarankan untuk memiliki lebih dari satu charger untuk meminimalisir kerusakan kabel charger iPhone karena kabel charger tersebut sering dibawa kemana-mana dan disambungkan ke adapter yang berbeda.

Dan kalau charger kamu rusak atau hilang, jangan lupa untuk membeli charger iPhone yang original ya!

Jika anda memiliki masalah dengan perangkat anda, anda bisa menghubungi kami melalui social media kami di Instagram dan Facebook Zapplerepair atau bisa hubungi kami di  021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp.

Anda juga bisa langsung datang ke kantor kami di :

Kantor Pusat : Jl. Jembatan 3 Raya Ruko 11J, Jakarta Utara.

Jakarta Selatan : Jl. Mampang Prapat Raya No. 24C, Jakarta Selatan

Semarang : Jl. Industri 2 LIK No. 80-81, Genuk, Kota Semarang

Semoga artikel ini membantu :)

 

BACA JUGA : Cara Membedakan Kabel Ligtning Apple Original dengan yang KW