Bahaya Baterai yang Mulai Menggembung pada Perangkat Smartphone atau Laptop

Bahaya Baterai yang Mulai Menggembung pada Perangkat Smartphone atau Laptop

Baterai Bengkak pada iPhone.

Baterai yang membengkak menjadi salah satu masalah yang sering timbul bagi perangkat smartphone maupun laptop. Baterai yang menggembung bahkan hingga dua kali ukuran aslinya menyimpan bahaya dan ketidaknyamanan bagi yang mengalaminya.

Baterai yang menggelembung dapat disebabkan oleh berbagai macam masalah. Beberapa poin berikut seringkali dilakukan dan hingga membuat baterai "turun mesin" dan tak awet. Perilaku-perilaku seperti membiarkan perangkat di-charge terlalu lama, menelepon saat di-charge, membiarkan perangkat berada pada suhu ekstrim, dan faktor usia menjadi penyebab paling umum memungkinkan membuat baterai HP mengembung.

Hindari perilaku di atas mengingat baterai (terutama Lithium Ion) memiliki struktur yang tak stabil. Baterai Li-Ion memang memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk digunakan pada berbagai macam jenis gadget, namun juga memiliki kekurangan yakni celah yang sempit antara sel dengan cover luar. Selain itu, baterai juga memiliki tekanan di dalamnya.

 Dampak yang ditimbulkan dari baterai yang membengkak pun beragam. Mulai dari menimbulkan panas ke perangkat, menimbulkan masalah baru pada komponen lain sehingga berdampak pada performa perangkat, bahkan dapat mengakibatkan casing/layar perangkat terangkat atau pada perangkat laptop bisa membuat trackpad/keyboard terangkat.

Jika sudah demikian maka yang perlu dilakukan adalah melepas/mencabut baterai yg bermasalah dan melakukan pergantian baterai baru agar tidak timbul kendala lain

 

Demikianlah artikel mengenai Bahaya Baterai yang Mulai Menggembung pada Perangkat Smartphone atau Laptop. Semoga artikel ini dapat membantu!

 

Jika Anda memiliki masalah seperti yang sudah disebutkan diatas, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani seluruh penggantian bagian pada perangkat dan mengatasi masalah - masalah pada perangkat Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!