Mengatasi Kesalahan Disk pada Mac Menggunakan Disk Utility

Mengatasi Kesalahan Disk pada Mac Menggunakan Disk Utility

Gambar 1. Jalankan First Aid untuk setiap volume pada disk..

Disk Utility dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki kesalahan yang terkait dengan pemformatan dan struktur direktori disk pada Mac (iMac, Mac Mini, Mac Pro, Macbook, Macbook Pro, Macbook Air). Kesalahan disk dapat menyebabkan terjadinya sebuah error yang tidak terduga saat menggunakan Mac.

Sebelum melanjutkan, pastikan Anda sudah mencadangkan data penting Anda untuk berjaga-jaga jika Anda perlu memulihkan file yang rusak atau Disk Utility menemukan kesalahan yang tidak dapat diperbaiki.


Baca juga:

Bagaimana Cara Backup Data Menggunakan Time Machine?



Lalu bagaimana cara Mengatasi Kesalahan Disk pada Mac Menggunakan Disk Utility? Simak langkah-langkahnya dibawah ini!

1. Buka Disk Utility pada Mac Anda.
- Jika Mac Anda menggunakan processor Apple M1: Nyalakan Mac, lalu segera tekan dan tahan tombol daya hingga Anda melihat jendela option startup. Klik ikon roda gigi (Option), lalu klik Continue.
- Jika Mac Anda menggunakan processor Intel: Nyalakan Mac, lalu segera tekan dan tahan tombol Command (⌘) dan R hingga Anda melihat logo Apple atau gambar lainnya:

2. Masukkan kata sandi administrator.

3. Pilih Disk Utility pada jendela Utility.

4. Pilih disk Anda di Disk Utility.
Pilih View > Tampilkan Semua Perangkat (jika tersedia) dari menu bar atau tool bar di Disk Utility.

 


Baca juga:

Mengatasi Disk Tidak Muncul pada Disk Utility Mac


 

5. Perbaiki volume, container, lalu disknya.
Untuk setiap disk yang Anda perbaiki, mulailah dengan memilih volume terakhir pada disk yang telah Anda pilih, lalu klik tombol stetoskop atau tab First Aid (lihat Gambar 1).

6. Klik Run untuk mulai memeriksa kesalahan pada volume yang dipilih.
- Jika tidak ada tombol Run, klik tombol Repair Disk (Perbaiki Disk).
- Jika tombol tidak dapat diklik, lewati langkah ini untuk disk, wadah, atau volume yang Anda pilih.
- Masukkan kata sandi administrator Anda jika diperlukan.

7. Setelah Disk Utility selesai memeriksa volume, pilih item berikutnya di atasnya pada bar samping, lalu klik pada tab First Aid lagi. Lanjutkan dan ulangi setiap langkah sesuai dengan daftar yang ada, jalankan tab First Aid untuk setiap volume pada disk, setiap wadah pada disk, kemudian yang terakhir adalah disk itu sendiri.

Jika Disk Utility mendeteksi kesalahan yang tidak dapat diperbaiki, Anda bisa memformat SSD Anda dengan mengikuti langkah-langkah pada artikel berikut,
Cara Memformat SSD Macbook dengan Disk Utility.

Itulah langkah-langkah Mengatasi Kesalahan Disk pada Mac Menggunakan Disk Utility. Semoga artikel ini dapat membantu!

Jika Anda memiliki masalah saat melakukan langkah-langkah diatas, jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!