Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Macbook Bekas

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Macbook Bekas

Gambar 1. Penggunaan Macbook.

Tentunya Anda tidak ingin jika Macbook bekas yang Anda beli ternyata memiliki kecacatan yang tidak sesuai dengan harga yang dipasang oleh penjualnya. Lalu, apa saja hal yang harus di cek ketika membeli Macbook bekas? Kali ini, Zapplerepair akan membahasnya di bawah ini :

 

1) Pastikan tidak ada dead pixel dan white spot

Gambar 2. Dead pixel
Anda bisa mengeceknya dengan menampilkan warna merah, hijau, biru, atau putih. Jika terdapat bintik kecil pada LCD, sudah dipastikan Macbook mengalami dead pixel atau white spot

2) Cek CC, FCC, dan battery health (kesehatan baterai)


Untuk memeriksanya, buka menu Apple > About Mac > klik tombol System Report > Pada menu Hardware -> Daya, cari CC (cycle count) atau jumlah siklus. CC normal Macbook 2009 ke atas adalah 1000 CC, sedangkan 2009 ke bawah adalah 500 dan 300 CC.Battery health ini bisa Anda lihat di bawah CC. Jika kondisi baterai merujuk ke "Service", lebih baik jangan beli Macbook bekas incaran Anda.

3) Lakukanlah Apple Hardware Test dengan Apple Diagnostics
Jika Anda belum mengetahui caranya, silahkan baca artikel : Cara Menjalankan Apple Diagnostics pada Mac

4) Cek serial number Macbook 


Bertujuan untuk memastikan Macbook tersebut asli atau palsu. Anda bisa mengeceknya di menu "About Mac". Pastikan serial number pada "About Mac" sama dengan nomor seri yang tertera di permukaan bagian bawah Macbook.

5) Cek dent (lecet, goresan, penyok) yang ada di body Macbook
Pastikan juga semua sekrup Macbook lengkap.

Apabila Anda sedang mencari tempat service Macbook terpercaya, Zapplerepair bisa membantu Anda mengatasi masalah pada Macbook, Surface, dll. Silahkan hubungi nomor CS kami di 087788855868 (WhatsApp) untuk konsultasi. 
Sampai jumpa di artikel selanjutnya! :)