Solusi dari Masalah Chip Apple T2 Rusak di Logicboard Macbook Air dan Macbook Pro

Solusi dari Masalah Chip Apple T2 Rusak di Logicboard Macbook Air dan Macbook Pro

Gambar 1. Chip Apple T2.

Macbook Air dan Macbook Pro adalah salah satu seri perangkat komputer laptop yang dirancang dan dikeluarkan oleh Apple. Seringkali, pengguna perangkat Macbook Air dan Macbook Pro menemui masalah pada device mereka terutama permasalahan Chip Apple T2 Rusak di Logicboard Macbook Air dan Macbook Pro. Tentu saja masalah ini akan sangat mengganggu bagi sebagian besar pengguna Macbook Air dan Macbook Pro.

Nah, pada artikel kali ini Zapplerepair akan membahas sistem keamanan oleh Apple yaitu Chip Apple T2. Bagi Anda yang menggunakan Macbook keluaran diatas tahun 2017 maka Chip T2 khusus yang terintegrasi dengan Logicboard sudah di pasangkan pada semua Mac mulai dari iMac Pro akhir 2017 dan seterusnya. Lalu bagaimana solusi dari masalah yang sering muncul yaitu kerusakan Chip Apple T2 pada Logicboard?

Apabila sobat semua ingin mengetahui apakah perangkat Mac sobat sudah menggunakan Chip Apple T2 ini maka anda dapat menggunakan informasi sistem untuk mengetahui apakah Mac Anda menggunakan chip ini:

  1. Tekan dan tahan tombol Option saat memilih menu Apple  > Informasi Sistem.
  2. Pada bar samping, pilih Pengontrol atau iBridge, tergantung versi macOS yang digunakan.
  3. Jika Anda melihat "chip Apple T2" di sisi kanan, berarti Mac Anda menggunakan Chip Keamanan Apple T2.

 

 

Chip Apple T2 ini merupakan sistem keamanan buatan Apple yang memberi perangkat Apple tersebut sebuah 'wadah' untuk menyimpan data biometrik seperti sidik jari, dan melindunginya dengan enkripsi dan dekripsi, menyimpan kunci kriptografis anda dan pengguna juga diberi akses kunci untuk melakukan booting dan berbagai tugas keamanan lainnya seperti penyimpanan terenkripsi dan boot aman, pemrosesan sinyal gambar yang ditingkatkan, dan keamanan untuk data Touch ID.

Mirip seperti bridge chipset Northbridge Chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya, atau Northbridge chipset bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Apple T2 Chipset rentan mengalami kerusakan.

Namun Chip Apple T2 ini juga berinteraksi dengan perangkat lunak konfigurasi sistem milik Apple yaitu Apple Service Toolkit 2 (AST2) dimana Apple hanya memberikan AST2 ke pusat perbaikan resmi, namun hal ini juga menjadi kelemahan karena perangkat lunak AST2 tidak tersebar luas atau hanya pada Apple resmi saja, Chip Apple T2 Tidak ada di market electronic karena satu set sama CPU.

Apple menggunakan sistem keamanan tinggi berupa Chip Apple T2 untuk memastikan suku cadang untuk pengguna Apple berasal dari perbaikan resmi dengan suku cadang asli dan berkualitas.

Solusi dari permasalahan apabila perangkat Apple dengan Chip T2 rusak pada logicboard yaitu dengan mengganti Logicboard yang harganya terbilang mahal. Namun saat ini Chip Apple T2 merupakan sistem keamanan tinggi yang menjadi salah satu alasan untuk membeli dan menggunakan perangkat Apple.

 

Jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Apple Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!