Kenapa Laptop Sering Mati Sendiri?

Kenapa Laptop Sering Mati Sendiri?

Laptop sering mati sendiri.

Suka kesal saat sedang mengerjakan sesuatu menggunakan laptop namun tiba-tiba laptop mu mati atau restart sendiri dan itu terjadi berulang-ulang kali, jangan panik dulu ya sobat zapplerepair, cari tahu terlebih dahulu pennyebabnya untuk menemukan solusinya, ini yang mungkin terjadi :

 

5 penyebab laptop mati sendiri :

1. Laptop Overheat

Saat laptop mu menjalankan banyak perintah atau banyak aplikasi yang di buka itu dapat menyebabkan suhu pada laptop meningkat atau overheat yang membuat perangkat laptopmu sering mati/restart sendiri atau terburuknya hardware dapat terbakar.

Langkah pertama saat laptopmu mengalami overheat adalah mematikan paksan dengan menekan tombol power beberapa saat. solusi untuk menghindari overheat adalah dengan mengunakan cooling pad, untuk mengurangi kenaikan suhu pada laptop anda.

 

 

2. Masalah Battery Pada Laptop

Laptop yang sudah berumur biasanya memiliki masalah pada battery yang mengalami penurunan kualitas dari segi kapasitas dan kinerja dapat menjadi penyebab laptop mati sendiri, ada dapat mengganti battery apabila anda mendapatkan laptop mati sendiri meskipun battery tersini penuh, karena ada kemungkinan kerusakan pada battery anda.

Untuk unit laptop lama dengan battery yang dapat pasang dan lepas, anda dapat mengatasi sementara dengan terus mencolok adaptor secara langsung dengan melepas battery dari laptop.

3. Masalah pada RAM

Apabila laptop anda memiliki masalah pada RAM maka yang terjadi adalah laptop tidak akan bisa digunakan bahkan saat booting dan mengakses BIOS yang biasanya muncul saat awal anda menyalakan laptop.

RAM (Random Access Memory) memiliki peranan yang cukup penting dalam kinerja laptop dan salah satu faktor gangguan pada RAM karena debu yang masuk dan menutup RAM itu, walaupun posisi RAM terletak di bagian dalam namun faktanya banyak kerusakan pada RAM dikarenakan oleh debu.

4. Masalah Pada Motherboard

 

Berfungsi sebagai tempat komponen hardware saling terhubung, motherboard berperan membuat laptop bekerja secara normal, kerusakan pada motherboard dapat menjadi faktor laptop anda mati atau restart sendirinya, penggunaan laptop dengan aktivitas yang multitasking atau menjalankan aplikasi/game yang memerlukan spesifikasi tertentu menjadi salah satu penyebab rusaknya motherboard.

bunyi ‘’Bip’’ berulang kali pada laptop anda menjadi tanda bahwa adanya kerusakan motherboard, dan anda perlu menggantinya dengan yang baru, namun biaya penggantian dan pemasangan motherboard terbilang cukup mahal, oleh karena itu anda harus mempertimbangkan untuk mengganti motherboard atau mengganti laptop baru.

 

Kesimpulan

 

Penyebab dari Laptop mati sendiri memang cukup banyak dan beragam. Dengan mengetahui berbagai indikasi yang bisa menyebabkan Laptop mati sendiri seperti masalah overheat , power supply, baterai, penggunaan Laptop, ram dan motherboard anda bisa mengetahui cara yang tepat untuk menangani Laptop anda. Jika anda tidak terbiasa untuk membongkar Laptop, anda bisa meminta bantuan jasa servis atau membawanya ke service center sesuai dengan brand Laptop anda. Dan untuk menjamin data di Laptop anda aman, pastikan untuk melakukan backup data yang bisa anda simpan pada flashdisk atau harddisk sebelum diserahkan ke tempat service. Zapplerepair outlet di Jl. Mampang Prapatan Raya No. 24D, Jakarta Selatan. Salah satu tempat anda bisa mempercayakan perbaikan laptop dan perangkat lain anda.

 

Zapplerepair fokus dalam memperbaiki perangkat Apple & Windows dan menyediakan sparepart terbaik dengan tenaga ahli yang profesional dalam memperbaiki kerusakan seperti logicboard, penggantian battery macbook/surface, layar lcd surface bergetar dan lainya. 

 

Jangan panik saat mengalami Laptop mati sendiri cari tahu terlebih dahulu penyebab dan solusinya, semoga bermanfaat.