Mengatasi Ghost Touch pada Surface Pro, Surface Book, atau Surface Go

Mengatasi Ghost Touch pada Surface Pro, Surface Book, atau Surface Go

Gambar 1. Surface Pro, Surface Book, atau Surface Go mengalami Ghost Touch.

Surface merupakan salah satu seri perangkat komputer tablet pintar yang diproduksi oleh Microsoft. Terkadang, perangkat Surface Pro, Surface Book ataupun Surface Go sewaktu-waktu mengalami "ghost touch" atau layarnya menekan-nekan atau beroperasisendiri tanpa disentuh. Input ini dapat mengganggu aplikasi yang berjalan atau mengganggu kemampuan Anda untuk menggunakan peranti.

Di artikel kali ini, Zapplerepair akan mengajak Anda untuk menangani masalah tersebut. Bagaimana sih caranya? Mari kita simak artikel dibawah ini.

 

Gejala Permasalahan Ghost Touch pada Surface Pro, Surface Book atau Surface Go

Gejala yang terjadi adalah biasanya perangkat mungkin mengalami beberapa sentuhan acak di layar dan kemudian kembali berfungsi dengan baik selama beberapa saat, atau mungkin bisa saja masalah ini dapat terjadi terus-menerus.

Catatan: Solusi yang tercantum dalam artikel ini tidak dapat memperbaiki masalah. Dalam situasi ini, masalahnya mungkin disebabkan oleh kerusakan fisik, perangkat lunak yang diinstal, atau kesalahan Electromagnetik.

 

Penyebab Permasalahan Ghost Touch pada Surface Pro, Surface Book atau Surface Go

Masalah ini terjadi karena ada faktor yang mempengaruhi kalibrasi layar sentuh perangkat.

 

Solusi Permasalahan Ghost Touch pada Surface Pro, Surface Book atau Surface Go

Solusi utama untuk permasalahan ini adalah dengan mengganti LCD perangkat Surface Anda. Guna menghindari memperburuknya kondisi Surface Anda, akan sangat disarankan agar Anda membawanya ke tempat service produk Surface terpercaya, seperti Zapplerepair.

Solusi alternatif yang lainnya adalah dengan menonaktifkan touch drivernya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Buka Human Interface Devices > Perluas Human Interface Devices, dan klik kanan pada driver HID-Compliant Touch Screen > Klik kanan pada driver HID-Compliant Touch Screen dan pilih Uninstall. Jika ada lebih dari satu driver, hapus instalannya juga.

 

Apabila solusi alternatif diatas juga tidak memberikan hasil, kami menyarankan beberapa tips berikut:

Informasi Hotfix

Tersedia hotfix yang didukung dari Microsoft. Namun, hotfix ini ditujukan untuk memperbaiki hanya masalah yang dijelaskan di artikel ini. Hotfix ini hanya berlaku untuk perangkat Surface Pro 4 atau Surface Book yang mengalami masalah khusus ini. Apabila hotfix tersedia untuk diunduh, ada bagian "Hotfix Download tersedia" di bagian atas artikel Pangkalan Pengetahuan ini. Apabila bagian ini tidak muncul, kirimkan permintaan ke layanan pelanggan Microsoft dan dukungan untuk mendapatkan hotfix. Catatan:

  • Karena pembatasan database, nama produk di halaman download terdaftar dengan benar sebagai "Surface Pro 3." Produk sesuai yang sebenarnya untuk perbaikan terbaru ini adalah 4 Surface Pro dan Surface Book.

  • Perbaikan terbaru ini menyediakan alat kalibrasi sentuh. Alat ini menyimpan informasi kalibrasi ke firmware sentuh pada permukaan perangkat. Ini tidak mengubah pengaturan pada Windows. Oleh karena itu, Anda dapat reimage perangkat atau menginstal ulang Windows setelah Anda menjalankan alat tanpa harus menjalankan alat lagi.

  • Jika terjadi masalah tambahan atau apabila pemecahan masalah apa pun diperlukan, Anda mungkin harus membuat permintaan layanan secara terpisah. Biaya dukungan biasa akan berlaku untuk dukungan tambahan pertanyaan dan masalah yang tidak memenuhi syarat untuk hotfix ini. Untuk daftar lengkap nomor telepon layanan pelanggan Microsoft dan dukungan atau untuk membuat permintaan layanan terpisah, kunjungi situs web Microsoft berikut:

    http://support.microsoft.com/contactus/?ws=support

Cara menggunakan alat kalibrasi sentuh

Untuk mencapai kalibrasi baik sentuh, pastikan bahwa perangkat Surface Pro 4 atau Surface Book memenuhi ketentuan berikut ini sebelum Anda menjalankan alat kalibrasi sentuh:

  • Perangkat ini memiliki setidaknya 25 persen daya baterai yang tersisa.

  • Lampu neon atau lampu terang lainnya tidak menunjuk secara langsung di layar perangkat.

  • Perangkat yang diperbarui untuk firmware dan driver terbaru dari pembaruan Windows.

  • Catu daya terputus dan perangkat yang dijalankan di daya baterai.

  • Tidak ada yang dicolokkan ke USB port.

Menginstal dan menjalankan alat

Untuk menginstal dan menjalankan alat kalibrasi sentuh, ikuti langkah-langkah berikut. Peringatan Jangan sentuh layar saat alat sedang beroperasi.

  1. Download hotfix 3165497 dari artikel ini.

  2. Jalankan hotfix, dan pilih folder untuk membuka kompresinya file.

  3. Di folder di mana Anda menyimpan berkas, jalankan CalibG4.exe.

Catatan Setelah proses kalibrasi selesai, alat akan menampilkan status "PASS". Alat akan memerlukan waktu satu atau dua menit untuk menyelesaikan kalibrasi. Jika Anda masih mengalami sentuhan "hantu" setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, pastikan bahwa perangkat yang memenuhi ketentuan di atas bagian "Cara menggunakan alat kalibrasi sentuh", dan kemudian jalankan CalibG4.exe lagi. Jika perangkat membeku atau lumpuh saat alat sedang beroperasi, atau jika alat tersebut tidak menyelesaikan proses kalibrasi, tahan tombol power selama 30 detik untuk mematikan perangkat, dan kemudian mengaktifkan perangkat dan jalankan CalibG4.exe lagi.

 

Tips : Jika cara diatas tidak berfungsi maka itu terjadi pada smallboard yang harus di ganti 

 

Jangan khawatir! Zapplerepair hadir untuk menangani masalah-masalah pada perangkat Surface Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami di 021-26081043 (Office) atau 0877-8885-5868 melalui WhatsApp ataupun melalui sosial media kami yang lain. Anda juga dapat mengunjungi cabang terdekat kami di kota Anda. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!