Macbook pro vga overheat membuat gpu di logicboard rusak

Macbook pro vga overheat membuat gpu di logicboard rusak

Gambar 1. Gpu di logicboard rusak.

Untuk masalah Macbook Pro early dan late 2011 Macbook pro vga overheat panas membuat gpu di logicboard rusak sering masuk ke Zapplerepair dan kami mau menjelaskan apa sebetulnya masalahnya dan apa yg paling bagus yg bisa kita lakukan untuk memperbaikinya.

Masalah ini hanya terjadi di Macbook Pro early dan late 2011 di 15 dan 17 inci model atau iMac c2d aluminium back series saja. Macbook pro yg mempunyai cpu i5 atau i7 sandy bridge (2nd gen) di lengkapi dengan dual vga yaitu AMD dan intel. Masalah Macbook pro vga overheat panas membuat gpu di logicboard rusak disebabkan oleh routing di logicboard yg membuat logicboard benar2 panas dan merusakan Vga yg baru sekalipun.

Pertama kali kami pun merasa aneh kenapa hanya model ini setiap kali diganti vganya muncul lagi masalah yg sama padahal kami di Zapplerepair menggunakan hanya chipset yg baru dan orignal. Nah ternyata memang factory product problem dan di America hal ini sudah memjadi Class A lawsuit ke apple di dukung lebih dari 25000 pemilik barang tersebut. Kabar baiknya kalau Apple mengakui hal tersebut dan menerima tarik unit balik di Asia tenggara, maka anda yg mempunyai macbook pro early dan late 2011 ini bisa mendapatkan logicboard baru free dengan 3 bulan garansi :)

Solusi untuk Macbook pro vga overheat panas membuat gpu di logicboard rusak kami bisa menggantikan vga yg baru akan tetapi kami juga akan buat jalur bypass (lebih dari 20 jalur) langsung ke intel graphic. Kejelekan dari solusi ini ada 3:

  1. Anda tidak mendapatkan Vga performa yg sebagus AMD
  2. Vga memory share dengan memory ram tidak dedicated
  3. Anda tidak bisa mengatur brightness terang layar lcd macbook pro tersebut

Cara menjaga supaya VGA di logicboard Macbook tidak cepat rusak:

  1. Sering2 lah membersihkan logicboard anda menggunakan anti static duster kalau bisa sekalian ganti termal paste di VGA chipset
  2. Pastikan kipas anda selalu berfungsi dan adanya penambahan kipas di bawah Macbook juga bagus
  3. Buat hal creative untuk bikin Macbook Anda lebih dingin, contohnya lihat gambar di bawah ada juga yg membuat lobang di casing D Macbook
  4. Jangan memakai Macbook di atas ranjang meskipun alumium unibody casing Macbook digunakan untuk menekan panas sedikit tapi yg paling penting itu flow angin masuk keluar dari Macbook
  5. Memakai gfxCardStatus applikasi untuk memilih integrated video graphic card, caranya ada di bawah article ini :)
  6. Memakai MacFanControl applikasi untuk membuat fan putar lebih cepat dengan setting suhu yg lebih optimal, cara setting MacFanControl ada di bawah article ini :)
  7. Jangan di pakai secara berlebihan karena tidak ada hal yg berlebihan bagus